PERAN USAHA TANI BAWANG MERAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT PETANI (Studi Kasus Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk)

AHMAD ILHAM FAQIQ ASRULLAH, 12405193156 (2023) PERAN USAHA TANI BAWANG MERAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT PETANI (Studi Kasus Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Usaha Tani Bawang Merah Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Petani (Studi Kasus Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk)” ini ditulis oleh Ahmad Ilham Faqiq Asrullah (NIM. 12405193156), Jurusan Bisnis dan Manajemen, Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Sutopo, M. pd. Penurunan produktivitas bawang merah yang diakibatkan oleh banyak faktor seperti susahnya mendapatkan benih yang bagus dan berkualitas, karena harga benih yang cukup mahal, selain itu hama penyakit pada setiap masa tanam, banyaknya modal yang di keluarkan, harga yang turun pada saat panen, dan biaya pupuk serta pestisida yang semakin tahun semakin mahal harganya. Sehingga tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui peran manajemen rantai dan pasok usahatani bawang merah; 2) untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat usahatani bawang merah; 3) untuk mengetahui solusi yang menghambat usaha tani bawang merah dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat petani di Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah usaha pertanian yang ada di kecamatan Sukomoro kabupaten Nganjuk. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan 1) Peran manajemen rantai dan pasok usahatani bawang merah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi petani cukup menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga masyarakat; 2) Faktor-faktor penghambat usahatani bawang merah adalah kelangkaan bahan bakar (bensin), kelangkaan pupuk, mahalnya harga obat-obatan, kurangnya biaya dalam proses usahatani dan harga bawang merah begitu murah dan tidak sesuai dengan biaya yang mereka keluarkan selama ini; 3) Solusi penghambat usaha tani bawang merah adalah mengikuti arahan dari penyuluh pertanian dari tenaga ahli dengan menerapkan penggunaan bahan bakar (bensin) bersubsidi ataupun solar, pemaksimalan pupuk organik serta pupuk subsidi pemerintah, penggunaan takaran obat sesuai dengan label kemasan dan pembuatan biotek tanaman, dan mengikuti program permodalan dengan perbankan dalam bentuk modal tunai ataupun permodalan kelompok pertanian dalam bentuk pinjaman bibit bawang merah. Kata Kunci: Peran manajemen rantai dan pasok usaha tani, faktor-faktor penghambat usaha tani, solusi pengembangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405193156 AHMAD ILHAM FAQIQ ASRULLAH
Date Deposited: 11 Dec 2023 03:25
Last Modified: 11 Dec 2023 03:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42458

Actions (login required)

View Item View Item