EKA ZENI NUR AZIZAH, 12212193091 (2023) PENGEMBANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TERINTEGRASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (620kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (282kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (265kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (163kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul "Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Visual Terintegrasi Teknologi Augmented Reality Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X" ditulis oleh Eka Zeni Nur Azizah, NIM. 12212193091, Pembimbing Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata kunci : Media Pembelajaran, Integrasi, Augmented Reality, Ikatan Kimia. Pada era modernisasi ini teknologi banyak dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Pemanfaatan teknologi tersebut dapat dilihat dari banyaknya penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran dapat membantu siswa dalam memahami berbagai materi khususnya materi yang bersifat abstrak dan membutuhkan pemahaman yang tinggi seperti kimia, salah satunya materi ikatan kimia. Disebabkan materi ikatan kimia memuat representasi makroskopik, submikroskopik, dan simbolik secara bersamaan. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran yang tepat sehingga dapat memvisualisasikan materi ikatan kimia secara lebih nyata. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan yaitu teknologi augmented reality dengan memanfaatkan flashcard sebagai marker dan dikemas dalam format apk yang bisa di install siswa pada gawai yang mereka punya. Diharapkan adanya aplikasi dengan teknologi augmented reality, dapat mempermudah siswa dalam memahami materi ikatan kimia. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui proses pengembangan aplikasi media pembelajaran visual terintegrasi teknologi augmented reality pada materi ikatan kimia, (2) Mendeskripsikan tingkat validitas dari produk aplikasi media pembelajaran visual terintegrasi teknologi augmented reality pada materi ikatan kimia, (3) Mengetahui respon siswa terhadap aplikasi media pembelajaran visual terintegrasi teknologi augmented reality pada materi ikatan kimia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan model penelitian 4D, tetapi dibatasi hanya sampai tahap 3D yakni Develop (pengembangan) dan diikuti dengan uji validasi serta uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Subjek uji coba penelitian pengembangan ini adalah subjek ahli, yaitu dosen dan guru kimia, serta subjek uji coba lapangan siswa kelas X MAN 7 Jombang. Data dianalisis secara deksriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Produk berupa aplikasi media pembelajaran visual terintegrasi teknologi augmented reality pada materi ikatan kimia kelas X. (2) Pada tahapan validasi yang dilakukan oleh validator 1 dan 2 menghasilkan rerata skor 88% dengan kategori sangat valid. (3) Berdasarkan hasil uji respon siswa menghasilkan rerata skor 91% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian produk aplikasi media pembelajaran visual terintegrasi teknologi augmented reality pada materi ikatan kimia kelas X yang dibuat oleh peneliti layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 12212193091 EKA ZENI NUR AZIZAH |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 08:44 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 08:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42472 |
Actions (login required)
View Item |