ILMA PUJI LUTFIANA, 12310193018 (2023) PENGEMBANGAN SISTEM OTOMASI PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT DI PERPUSTAKAAN SMK DWIJA BHAKTI 1 JOMBANG. [ Skripsi ]
Text
Pengembangan Sistem Otomasi Metode RAD.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Teknologi informasi di perpustakaan telah berkembang begitu cepat. Salah satu bentuk perkembangan teknologi informasi di perpustakaan yaitu sistem otomasi perpustakaan. Meskipun teknologi informasi di perpustakaan sudah berkembang, namun perpustakaan SMK Dwija Bhakti 1 Jombang belum memanfaatkan sistem otomasi perpustakaan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan kebutuhan sistem, bagaimana desain pemodelan sistem, bagaimana implementasi sistem, dan bagaimana pengujian sistem. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development, sedangkan untuk metode pengembangan sistem menggunakan Rapid Application Development. Hasil dari penelitian ini yaitu pertama, kebutuhan pengguna sistem meliputi admin (pustakawan), guru, staff, dan siswa. Kedua, pemodelan sistem menggunakan use case diagram dan data flow diagram. Ketiga, implementasi sistem menggunakan software SliMS versi 9.5.1. Keempat, pengujian sistem dengan hasil memenuhi standar sebagai sistem otomasi yang baik dan dapat diterima oleh pengguna perpustakaan. Agar pemanfaatan sistem otomasi terus berjalan dan meningkat, beberapa aspek yang perlu ditingkatkan yaitu komponen brainware sebagai penunjang pengelolaan, hardware sebagai penunjang otomasi, serta melakukan pembaharuan software apabila terdapat versi terbaru.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Perpustakaan > Otomasi Ilmu Perpustakaan > Perpustakaan Sekolah |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam |
Depositing User: | 12310193018 ILMA PUJI LUTFIANA |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 07:52 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 07:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42632 |
Actions (login required)
View Item |