ANALISIS KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI MATRIKS PADA SISWA KELAS X MAN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2015/2016

QUSNUL DWI CAHYO AGUS WULANNDARI, 2814123128 (2016) ANALISIS KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI MATRIKS PADA SISWA KELAS X MAN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis kesalahan siswa menyelesaikan soal matematika materi matriks kelas X MAN Trenggalek Tahun 2015/2016” ini ditulis oleh Qusnul Dwi Cahyo Agus Wulandari dan dibimbing oleh Ummu Sholihah, S.Pd.,M.Si. Kata Kunci: Kesalahan Soal-soal Matriks. Penelitian ini dilatar belakangi oleh berdasarkan data yang ditemukan di MAN Trenggalek, bahwa banyak siswa yang mengalami kesulitan maupun kesalahan. Kesulitan dan kesalahan ini dalam arti siswa belum memahami materi yang diajarkan oleh guru mata pelajaran. Materi yang diajarkan di MAN semester 2 adalah materi tentang matriks, khususnya pengoperasian matriks. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah : 1) Kesalahan apa saja yang dilakukan siswa kelas X MIA 4 MAN Trenggalek dalam menyelesaikan soal matriks ? 2). Faktor apa yang menyebabkan kesalahan siswa kelas X MIA 4 MAN Trenggalek ? 3) Bagaimana upaya pemecahan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matriks di kelas X MAN Trenggalek ? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bentuk kesalahan yang dilakukan siswa kelas X MIA 4 MAN Trenggalek dalam menyelesaikan soal Matriks. 2) Untuk mengetahui faktor yang menyebabkan kesalahan siswa kelas X MIA 4 MAN Trenggalek dalam menyelesaikan soal matriks. 3) Untuk mengetahui upaya pemecahan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matriks di kelas X MIA 4 MAN Trenggalek. Manfaat penelitian ini adalah untuk pelajaran matematika yang selama ini dianggap sebagai pelajaran yang ditakuti, menjadi pelajaran yang lebih menyenangkan dan memperkaya khazanah ilmiah bidang pendidikan matematika dan pengembangan intelektualitas mengenai materi matriks. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan: 1) Observasi, 2) Tes, 3) Wawancara, 4) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan rumusan masalah dan tujuan penelitian yang diajukan, serta hasil penelitian yang didasarkan pada teori yang sesuai, maka kesimpulan yang dapat dikemukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) kesalahan yang dialami siswa Subjek (S1, S2, dan S3) dalam menyelesaikan soal matriks adalah pada saat memahami masalah (menentukan hasil matriks penjumlahan, matriks pengurangan, perkalian matriks dan kesamaan dua matriks). Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika pada pokok bahasan matriks adalah: 1) Sebagian besar siswa melakukan kesalahan dikarenakan kebingungan dalam menyelesaikan soal (lupa konsep), 2) Sebagian besar siswa tersebut mengakui bahwa tidak meneliti jawaban yang sudah dikerjakan. Jadi siswa kurang teliti dalam mengerjakan, 3) sebagian siswa mengaku kalau belajarnya hanya membaca catatan tanpa latihan mengerjakan soal dari buku lain. Jadi bisa dikatakan bahwa siswa belajarnya kurang maksimal, 4) ada siswa yang belajarnya kurang maksimal dikarenakan kesehatan badan menurun (sakit), 5) ada siswa yang melakukan kesalahan dikarenakan malas belajar. Alternatif pemecahan untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan siswa adalah sebagai berikut. 1) Siswa yang belum bisa (lambat dalam belajar) dapat belajar kelompok dengan siswa yang pandai, dan siswa yang pandai sebaiknya membantu temannya yang lambat dalam belajar, 2) Seharusnya siswa dalam belajar matematika/matriks tidak hanya dibaca saja, melainkan mencoba mengerjakan soal-soal, sehingga siswa lebih memahami konsep matriks, 3) Seharusnya siswa membiasakan diri untuk disiplin belajar, sehingga tidak malas belajar, 4) Seharusnya siswa mengecek kembali soal dan jawaban setelah selesai dikerjakan, 5) Seharusnya siswa bisa mengatur waktu antara bermain atau belajar, 6) Sebaiknya guru selalu mencari dan menerapkan metode yang sesuai dengan materi matriks sehingga kesalahan tidak terulang kembali, 7) Sebaiknya guru sering-sering dalam memberikan tes atau ulangan agar siswa lebih paham karena terbiasa dan sering mengerjakan soal, 8) Sebaiknya guru selalu mencari dan menerapkan metode yang sesuai dengan materi matriks sehingga kesalahan tidak terulang kembali.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123128 QUSNUL DWI CAHYO AGUS WULANNDARI
Date Deposited: 20 Dec 2016 07:57
Last Modified: 30 Jan 2017 03:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4278

Actions (login required)

View Item View Item