NISA HASLINDA, 12204193007 (2023) PENGARUH DISPOSISI MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (606kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (394kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (429kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (658kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (409kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Disposisi Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Operasi Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Nisa Haslinda, NIM. 12204193007, Pembimbing Miswanto, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih tergolong rendah. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika tentu disebabkan beberapa faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya adalah sikap atau pandangan siswa terhadap pelajaran matematika atau dikenal dengan disposisi matematika. Dengan siswa memiliki sikap dan pandangan positif terhadap matematika tersebut kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dapat sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh disposisi matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi operasi bilangan bulat siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh disposisi matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi operasi bilangan bulat siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di SMPN 1 Sumbergempol. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas VII SMPN 1 sumbergempol. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik simple random sampling dan didapatkan 32 sampel siswa kelas VII A. Adapun teknik pengambilan data penelitian ini adalah 1) Angket, 2) Tes, 3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi sederhana dengan bantuan IBM SPSS Statistics 25.0. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa 1) Ada pengaruh disposisi matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi operasi bilangan bulat siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. 2) Besarnya pengaruh disposisi matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi operasi bilangan bulat siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung adalah 52,2% dan untuk sisanya sebesar 47,8% dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Matematika > Masalah Matermatika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193007 NISA HASLINDA |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 09:40 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 09:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42987 |
Available Versions of this Item
-
PENGARUH DISPOSISI MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
MATERI OPERASI BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. (deposited UNSPECIFIED)
- PENGARUH DISPOSISI MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT SISWA KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. (deposited 05 Jan 2024 09:40) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |