IMPLEMENTASI DAKWAH INTERAKTIF GUS ADUNG DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULA NGLAWAK KERTOSONO

MUHAMMAD AINUL HABIB AL-ANSORI, 12311193016 (2024) IMPLEMENTASI DAKWAH INTERAKTIF GUS ADUNG DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULA NGLAWAK KERTOSONO. [ Skripsi ]

[img] Text
IMPLEMENTASI DAKWAH INTERAKTIF GUS ADUNG DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULA NGLAWAK KERTOSONO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia dan menjadi lembaga pertama yang memiliki sistem terdahulu. Konsep yang disajikan adalah konsep Islam yang terintegrasi di pesantren sebagai daya tarik tersendiri. Yang menjadi ciri khas dari kajian kitab Gus Adung yaitu kitab kifayatul atqiya dan nashoihul ibad dengan menerapkan prinsip-prinsip dakwah diantaranya, menggunakan perkataan yang mulia (qoulan Karima), perkataan yang lembut (qoulan layyinan), perkataan yang baik (qoulan ma’rufa), dan perkataan yang benar (qoulan sadidan). Kajian kitab tersebut sebagai pendukung atau pelengkap dari pendidikan juga sebagai pembelajaran di pondok pesantren. Tujuan adanya penelitian ini dilakukan untuk memahami keunikan dari dakwah interaktif Gus Adung dalam menerapkan dakwah di Pondok Pesantren Miftahul Ula Nglawak Kertosono. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan didukung oleh literatur buku sebagai penguat data. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa Gus Adung menerapkan dakwah dengan teknik interaktif terhadap santri untuk memperoleh pemahaman yang baik terhadap materi dakwah yang disampaikan berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan santri dan masyarakat setempat. Kata Kunci : Dakwah Interaktif, Pondok Pesantren

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: 12311193016 MUHAMMAD AINUL HABIB AL-ANSORI
Date Deposited: 10 Jan 2024 12:05
Last Modified: 10 Jan 2024 12:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43133

Actions (login required)

View Item View Item