PENGEMBANGAN KATALOG KARAKTERISTIK MORFOLOGI FAMILI MORACEAE DI KAWASAN KAMPUS UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH BOTANI PHANEROGAMAE

NUR MAR'ATUL ALIYAH, 12208193108 (2024) PENGEMBANGAN KATALOG KARAKTERISTIK MORFOLOGI FAMILI MORACEAE DI KAWASAN KAMPUS UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH BOTANI PHANEROGAMAE. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (726kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (641kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (314kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Katalog Karakteristik Morfologi Famili Moraceae di Kawasan Kampus UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Botani Phanerogamae” ditulis oleh Nur Mar’atul Aliyah, NIM. 12208193108, dosen pembimbing Haslinda Yasti Agustin, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Katalog, Botani Phanerogamae, Karakteristik Morfologi Tumbuhan, Famili Moraceae. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya kelengkapan media pembelajaran pada mata kuliah Botani Phanerogamae. Media pembelajaran yang digunakan berisi sedikit gambar dan banyak tulisan sehingga tidak cukup untuk memahami materi. Hal ini menyebabkan mahasiswa program studi Tadris Biologi mengalami kesulitan melakukan identifikasi dan klasifikasi tumbuhan tingkat tinggi melalui karakteristik morfologinya salah satunya adalah famili Moraceae. Tumbuhan famili Moraceae memiliki beragam manfaat sehingga banyak dibudidakan di kawasan kampus UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung namun 31 dari 50 mahasiswa belum mengetahuinya. Hasil analisis kebutuhan tersebut dijadikan acuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa katalog karakteristik morfologi tumbuhan famili Moraceae dimana memuat materi dan gambar yang dapat mendeskripsikan bagian-bagian tumbuhan dengan jelas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil tahap analyze pengembangan katalog karakteristik morfologi famili Moraceae (2) mendeskripsikan hasil tahap design pengembangan katalog karakteristik morfologi famili Moraceae (3) mendeskripsikan hasil tahap develop pengembangan katalog karakteristik morfologi famili Moraceae (4) mendeskripsikan hasil tahap implement pengembangan katalog karakteristik morfologi famili Moraceae (5) mendeskripsikan hasil tahap evaluate pengembangan katalog karakteristik morfologi famili Moraceae. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (RnD). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahap pengembangan yaitu analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Tahap desain pada penelitian ini berupa pengamatan karakteristik morfologi tumbuhan famili Moraceae di kawasan kampus UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Penelitian ini menggunakan metode jelajah. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik saturation sampling. Hasil penelitian yaitu (1) tahap analyze berupa wawancara dosen pengampu mata kuliah Botani Phanerogamae, analisis RPS, dan wawancara mahasiswa Tadris Biologi melalui angket diperoleh hasil bahwa mahasiswa Tadris Biologi tertarik, membutuhkan dan setuju untuk dikembangkannya produk media pembelajaran berupa katalog karakteristik morfologi famili Moraceae di kawasan kampus UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dilengkapi dengan gambar, penjelasan singkat dan jelas, desain dan variasi font menarik, mudah dipahami, serta disusun secara sistematis dimana dapat membantu dalam memahami materi Botani Phanerogamae. (2) Tahap design diperoleh hasil penelitian berupa deskripsi dan gambar karakteristik morfologi 7 spesies tumbuhan famili Moraceae meliputi Artocarpus heterophyllus Lam., Ficus benjamina L., Ficus elastica Roxb., Ficus microcarpa L. fil., Ficus microcarpa var. latifiola, Morus alba L., dan Streblus asper Lour. (3) Tahap develop diperoleh hasil pengembangan produk katalog yang memiliki 4 komponen utama yaitu kulit (cover depan dan belakang), bagian depan, bagian isi dan materi, bagian belakang. Selanjutnya katalog divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan dosen pengampu dengan hasil presentase sebesar 96%, 88%, dan 86% yang berarti katalog dinyatakan sangat valid. Kemudian dilakukan uji keterbacaan melalui angket respon mahasiswa dengan hasil presentase sebesar 89,7% yang berarti katalog sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Botani Phanerogamae. (4) Tahap implement dilakukan uji coba produk dan dianalisis menggunakan uji Paired Samples T-Test diperoleh hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 berarti pemberian produk katalog sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Botani Phanerogamae berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa Tadris Biologi. (5) Tahap evaluate merupakan evaluasi pada seluruh tahap dan revisi akhir katalog berdasarkan komentar atau saran dari hasil angket respon mahasiswa Tadris Biologi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208193108 NUR MAR'ATUL ALIYAH
Date Deposited: 23 Jan 2024 06:51
Last Modified: 23 Jan 2024 06:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43386

Actions (login required)

View Item View Item