KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMPN 1 REJOTANGAN KELAS VIII DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GENDER

ANIN ERMAYANTI, 17204163055 (2024) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMPN 1 REJOTANGAN KELAS VIII DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI GENDER. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMPN 1 Rejotangan Kelas VIII dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gender” ini ditulis oleh Anin Ermayanti mahasiswi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, juruan tadris matematika, NIM. 17204163055, dengan pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh. M.Kes, Ph.D. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah, gender Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena proses pembelajaran matematika dengan pembelajaran online (daring). Dalam kegiatan pembelajaran online tentu akan mengurangi interaksi antar siswa dengan guru. Guru saat ini justru mendorong siswa untuk memberi jawaban yang benar. Guru justru memberikan soal dengan soal pilihan ganda tanpa adanya bagaimana siswa dapat memperoleh jawaban. Hal ini membuat siswa kurang membiasakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis khususnya dalam menyelesaikan masalah matematika. Sehingga siswa belum sepenuhnya menggunakan kemampuan berpikir kritisnya dalam menyelesaikan masalah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa laki-laki kelas VIII SMPN 1 Rejotangan dalam pemecahan masalah matematika yang berkaitan dengan materi materi bangun ruang datar, (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa perempuan kelas VIII SMPN 1 Rejotangan dalam pemecahan masalah matematika yang berkaitan dengan materi materi bangun ruang datar Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rejotangan dengan mengambil 2 siswa berjenis kelamin laki-laki dan 2 siswa berjenis kelamin perempuan. Metode pengumpulan data mengunnakan data hasil tes soal dan data wawancara dengan siswa. Tes mencangkup materi bangun ruang datar. Analisis yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Siswa laki-laki dalam memecahkan masalah mampu memenuhi 3 sampai 4 indikator dari 5 indikator berpikir kritis yaitu kurang mampu dalam memberikan kesimpulan. (2) Siswa perempuan dalam memecahkan masalah mampu memenuhi 4 sampai 5 indikator dari 5 indikator berpikir kritis yaitu memahami maksud dari soal dan mampu menyelesaikan soal dengan baik dan lengkap. Sehingga dalam memecahkan masalah matematika kemampuan berpikir kritis siswa perempuan lebih baik dibanding dengan siswa laki-laki. Siswa perempuan cenderung lebih cermat, teliti dan sistematis. Sedangkan siswa laki-laki cenderung bernalar dan memiliki daya abstraksi yang baik tanpa memperhatikan kecermatan, ketelitian dan ketepatan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 12402173339 Febriana Ahsa Naning Tyas
Date Deposited: 06 Feb 2024 02:25
Last Modified: 06 Feb 2024 02:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43557

Actions (login required)

View Item View Item