DEWI SINTA NURIYAH, 12211193078 (2024) PENGEMBANGAN LKPD GETARAN DAN GELOMBANG BERBANTUAN PHYPHOX UNTUK SISWA KELAS VIII MTs ARROSIDIYAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (558kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (359kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (223kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (220kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan revolusi industri saat ini sangat pesat ditandai dengan perkembangan sistem digital, virtual, interaksi, dan konektivitas. Hal ini berpengaruh pada perkembangan pendidikan di Indonesia yang menuntut dunia pendidikan untuk mampu memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi sebagai sarana pembelajaran. Namun, studi pendahuluan masih kurangnya penggunaan LKPD berbasis digital dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, membuat lembar kerja peserta didik berbantuan phyphox merupakan solusi dari permasalahan tersebut. Tujuan penelitian (1) Memaparkan kelayakan LKPD getaran dan gelombang berbantuan phyphox untuk siswa Kelas VIII, (2) Memaparkan keterbacaan LKPD getaran dan gelombang berbantuan phyphox untuk siswa Kelas VIII, dan (3) Memaparkan keefektifan LKPD getaran dan gelombang berbantuan phyphox untuk siswa kelas VIII. LKPD dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi. Tahapan yang dilakukan meliputi (1) analisis kinerja dan analisis kebutuhan, (2) mendesain LKPD, (3) mengembangkan LKPD, (4) melakukan uji validasi dengan menyebarkan angket, uji coba produk terbatas, dan uji keterbacaan terhadap LKPD dengan menyebarkan angket, dan (5) uji prasyarat dan uji hipotesis terhadap LKPD. Populasi dalam penelitian ini kelas VIII di MTs Arrosidiyah Tulungagung. Sementara, sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas VIII-A dan peserta didik kelas VIII-B. Data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh identifikasi saran dan masukan validator maupun peserta didik. Selain itu, diperoleh dari observasi dan wawancara. Sementara itu data kuantitatif diperoleh dari angket penilaian validator, skor hasil uji respons peserta didik, dan skor hasil uji hipotesis terhadap LKPD yang dikembangkan. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan LKPD masuk ke dalam kategori sangat layak menurut penilaian ahli media mencapai presentase 86% dan layak menurut penilaian ahli materi mencapai presentase 76%. Adapun hasil uji keterbacaan menunjukkan LKPD sangat terbaca mencapai presentase 96% bedasarkan angket respon yang diberikan kepada siswa. LKPD dinyatakan efektif berdasarkan uji efektivitas dengan bantuan SPSS menggunakan independent t test, hasil uji-t yang diperoleh mencapai 0,03 < 0.05. Dengan demikian, dapat disintesiskan bahwa LKPD getaran dan gelombang berbantuan phyphox efektif untuk diimpelemntasikan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 12211193078 DEWI SINTA NURIYAH |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 03:35 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 03:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43572 |
Actions (login required)
View Item |