PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENTIMETER BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA TERHADAP SISWA KELAS XI SMA

ALYA ROSITA, 12212193093 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENTIMETER BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA TERHADAP SISWA KELAS XI SMA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Mentimeter Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Larutan Penyangga “ ini ditulis oleh Alya Rosita dengan NIM 12212193093, dengan dosen pembimbing bapak Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Mentimeter, Larutan Penyangga Media Pembelajaran Mentimeter mampu meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran kimia dikarenakan tampilan yang disajikan bervariasi dan bersifat interaktif. Adapun media pembelajaran cetak seperti buku paket, lembar kerja siswa memiliki kekurangan yaitu penyajian yang kurang menarik dan monoton sehingga siswa mudah merasa bosan. Larutan penyangga merupakan materi abstrak/sulit sehingga diperlukan fasilitas yang mendukung. Salah satu media pembelajaran yang dikemas secara digital dan mampu memfasilitasi siswa dalam proses pembelajaran yaitu media pembelajaran mentimeter. Peneliti mengembangkan media pembelajaran mentimeter guna memfasilitasi siswa dengan media pembelajaran yang menarik dan interaktif pada materi larutan penyangga dan di dalam media pembelajaran mentimeter terdapat suatu pendekatan saintifik yang terdiri dari 5M yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, mengkomunikasikan dan berbatuan problem solving yang terdapat pada mengasosiasi karena dapat mengatasi suatu masalah yang terdapat pada materi larutan penyangga. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui proses pengembangan media pembelajaran mentimeter berbasis pendekatan saintifik pada materi lartan penyangga, (2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran mentimeter berbasis pendekatan saintifik pada materi lartan penyangga, (3) Mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran mentimeter berbasis pendekatan saintifik pada materi lartan penyangga. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D. Namun karena keterbatasan waktu, penelitian hanya dilakukan sampai tahap pengembangan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPA SMAN 1 Ngunut yang berjumlah 25 siswa. Observasi awal didasarkan atas wawancara guru kimia dan wawancara siswa. Data validitas diperoleh berdasarkan angket validasi dosen ahli dan guru serta angket respon siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis deksriptif kuantitatif dan kualitatif sebagai keperluan evaluasi produk. Hasil penelitian yaitu : (1) Media pembelajaran mentimeter yang telah dikembangkan berdasarkan model pengembangan 4D dengan dimodifikasi menjadi 3 tahapan yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan). (2) Tingkat kelayakan berdasarkan validasi dosen ahli, menunjukkan bahwa media pembelajaran mentimeter yang dikembangkan sangat layak dengan persentase rata-rata sebesar 100% serta hasil validasi oleh guru kimia menunjukkan bahwa media pembelajaran mentimeter layak dengan persentase ratarata sebesar 98%. (3) Respon siswa media pembelajaran mentimeter yang dikembangkan menunjukkan persentase sebesar 82% dengan kategori baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193093 Alya Rosita
Date Deposited: 06 Feb 2024 09:54
Last Modified: 06 Feb 2024 09:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43601

Actions (login required)

View Item View Item