TINJAUAN REGULASI ZAKAT TERHADAP KEWENANGAN AMIL DALAM PENGUMPULAN DANA ZAKAT INFAK DAN SEDEKAH (Studi Kasus Pada Unit Pengelola Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama Desa Kandat Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri)

ASTRI OKTARINI, 12101193121 (2024) TINJAUAN REGULASI ZAKAT TERHADAP KEWENANGAN AMIL DALAM PENGUMPULAN DANA ZAKAT INFAK DAN SEDEKAH (Studi Kasus Pada Unit Pengelola Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama Desa Kandat Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)

Abstract

Astri Oktarini, NIM 12101193121, “Tinjauan Regulasi Zakat Terhadap Kewenangan Amil dalam Pengumpulan Dana Zakat Infak dan Sedekah (Studi Kasus Pada Unit Pengelola Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama Desa Kandat Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri”, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Jurusan Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Muflihatul Bariroh, M.S.I Kata Kunci: Tinjauan Regulasi Zakat, Kewenangan Amil, Pengumpulan Dana. Penelitian ini dilatarbelakangi karena kewenangan amil UPZISNU Desa Kandat dalam melaksanakan pengumpulan dana zakat, infak, dan sedekah yang belum optimal. Fokus dalam penelitian ini adalah untuk memaparkan kewenangan amil dalam pengumpulan dana zakat, infak, dan sedekah pada UPZISNU Desa Kandat. Serta untuk menganalisis kewenangan amil dalam pengumpulan dana zakat, infak, dan sedekah pada UPZISNU Desa Kandat dengan ditinjau dari regulasi zakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi lapangan (field research). Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan/verifikasi kesimpulan. Serta pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data, triangulasi metode dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kewenangan amil UPZISNU Desa Kandat dalam upaya pengumpulan dana dilakukan melalui program penyediaan beras zakat dan program Gerakan Sedekah Rosok (GSR) yang belum optimal dikarenakan adanya ketidakdisiplinan amil dalam menjalankan tugas. Untuk hak amil sudah diberikan sesuai dengan apa yang dikerjakan amil di lapangan. (2) Tinjauan regulasi zakat terhadap kewenangan amil dalam pengumpulan dana pada UPZISNU Desa Kandat. (a) Kewenangan UPZISNU Desa Kandat dalam mengelola zakat didasari dengan adanya Surat Keputusan Nomor 002/SK/PAC-LAZISNU/IV/2021 sehingga hal tersebut sudah sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2011. (b) Pengumpulan dana oleh amil UPZISNU Desa Kandat sudah sesuai dengan syariat Islam dan aturan yang berlaku yaitu UU Nomor 23 Tahun 2011 dan Peraturan Pemerintah RI No 14 Tahun 2014. (c) Amil yang tidak mampu menjalankan tugasnya berarti tidak memenuhi syarat sesuai Fatwa MUI Nomor 8 Tahun 2011. (d) Besaran hak amil sebanyak 40% dari dana sedekah tidak sesuai dengan Keputusan Menteri Agama Nomor 606 Tahun 2020. Namun besaran hak amil tersebut dianggap lebih efektif dan wajar karena biaya operasional yang dibutuhkan amil cukup besar dan amil yang bekerja di lapangan juga banyak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101193121 ASTRI OKTARINI
Date Deposited: 14 Feb 2024 07:44
Last Modified: 14 Feb 2024 07:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43637

Actions (login required)

View Item View Item