IMPLEMENTASI STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN DI HOME INDUSTRY AYUNDA CAKE

AYUK KRISTIANA LUKMANASARI, 12405193011 (2024) IMPLEMENTASI STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN DI HOME INDUSTRY AYUNDA CAKE. [ Skripsi ]

[img] Text
IMPLEMENTASI STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN DI HOME INDUSTRY AYUNDA CAKE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Strategi pemasaran memainkan peran penting dalam kesuksesan bisnis. Perusahaan harus mampu menarik perhatian konsumen melalui produk yang ditawarkannya. Ayunda Cake merupakan salah satu home industry yang bergerak di bidang cake decoration. Ayunda Cake mampu mengimplementasikan strategi pemasaran yang tepat, sehingga usahanya berhasil dan berkembang dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Strategi Bauran Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Omset Penjualan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriprif melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan sumber data pimer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi secara langsung di Outlet Ayunda. Tepatnya di Dusun Bakah, Desa Mergayu, Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Teknik penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive. Teknik analisis data dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa strategi pemasaran yang dilakukan home industry Ayunda Cake untuk meningkatkan volume penjualan dan kemampuan bersaing dengan produknya telah berjalan dengan baik dengan menggunakan strategi bauran pemasaran 7P yaitu, meningkatkan kualitas dan varian produk, penyesuaian harga sesuai kualitas, promosi melalui platform media sosial seperti Instagram, Whatsapp, Facebook dan memasang spanduk, desain tempat yang nyaman, bersih, mudah diakses, memberikan pelatihan kepada karyawan, melakukan proses produksi yang rinci, serta memberikan bukti fisik produk yang ditampilkan di dalam etalase toko. Keberhasilan strategi yang telah diterapkan Ayunda Cake dalam meningkatkan penjualan, dapat menjadi contoh bagi usaha sejenis untuk meningkatkan volume penjualan dan daya saing produk melalui strategi bauran pemasaran. Kata Kunci : Strategi pemasaran, Bauran Pemasaran 7P, omset Penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Manajemen Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405193011 AYUK KRISTIANA LUKMANASARI
Date Deposited: 29 Apr 2024 08:43
Last Modified: 29 Apr 2024 08:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43947

Actions (login required)

View Item View Item