TRANSFORMASI GAYA HIDUP SANTRI SALAF (Fenomena Budaya Konsumtif Santri Di Pondok Pesantren Al-Hasani Desa Mondo Mojo Kediri)

DEWI OKTA DIANA, 12309193077 (2024) TRANSFORMASI GAYA HIDUP SANTRI SALAF (Fenomena Budaya Konsumtif Santri Di Pondok Pesantren Al-Hasani Desa Mondo Mojo Kediri). [ Skripsi ]

[img] Text
TRANSFORMASI GAYA HIDUP SANTRI SALAF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang fenomena budaya konsumtif santri di Pondok Pesantren Al-Hasani yang berada di Desa Mondo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri seperti membeli barang secara berlebihan pada barang-barang yang bermerk. Secara umum pesantren salaf menerapkan kehidupan yang sederhana, namun di Pesantren Al-Hasani ini justru terjadi budaya konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bentuk, proses, dan implikasi budaya konsumtif pada santri. Penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenologi dan analisis data model penelitian deskriptif digunakan untuk memahami fenomena tentang suatu kejadian yang dialami informan secara nyata. Teori konsumerisme dari Zygmunt Baumant digunakan untuk menganalisis budaya konsumtif pada santri. Dari hasil analisis penelitian ini menemukan bahwa bentuk budaya konsumtif di Pondok Pesantren Al-Hasani seperti membeli pakaian, penampilan diri, skincare kepemilikan Hp dan kebutuhan harian santri. Hal tersebut dipengaruhi oleh teman dan sisi negatif dari teknologi yang canggih. Kata Kunci: Budaya, Fenomena, Implikasi, Konsumtif, Pesantrem.

Item Type: Skripsi
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Sosiologi Agama
Depositing User: 12309193077 DEWI OKTA DIANA
Date Deposited: 01 Mar 2024 01:52
Last Modified: 01 Mar 2024 01:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43949

Actions (login required)

View Item View Item