KRISNA AJI NUGRAHA, 12201193368 (2024) PERAN GURU PAI DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH UNTUK MENGHADAPI FENOMENA GAME ONLINE DI SDN 2 BENDILJATI KULON. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (766kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (110kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (300kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (603kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlakul Karimah Siswa Untuk Menghadapi Fenomena Game Online ini ditulis oleh Krisna Aji Nugraha, NIM 12201193368, Program Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dibimbing oleh Dr. Septinaningrum, M. Pd Kata Kunci: Peran Guru, Akhlakul Karimah dan Game Online. Dalam konteks penelitian ini menggambarkan bahwa pergeseran akhlak yang kurang baik bagi siswa dapat dipengaruhi oleh maraknya siswa bermain game online. Guru dirapkan mampu bertugas membina akhlakul karimah siswa dengan berperan membina akhlak siswa agar tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang bertentangan dengan nilai ajaran Islam. Game online di era teknologi seperti sekarang ini memang pengaruh yang sangat besar bagi siswa. Dengan adanya game online akhlak siswa juga akan terpengaruhi karena mereka akan kecanduan sehingga waktu mereka akan difokuskan pada sebuah permainan dan akan terbuang secara sia-sia yang pada akhirnya kerugian yang akan mereka dapatkan. Oleh karena itu peran guru dan dukungan dari orang tua harus dimaksimalkan agar dengan agar siswa memiliki akhlakul karimah yang tetap melekat pada jiwanya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1)Bagaimana gambaran perubahan akhlak siswa dari dampak game online di SD Negeri 2 Bendiljati Kulon? (2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membina akhlak siswa yang terdampak game online di SD Negeri 2 Bendiljati Kulon? (3)Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak kepada diri sendiri dan orang lain di SD Negeri 2 Bendiljati Kulon? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancra mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisa data interaktif dari Milles Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan teknik kredibilitas meliputi triangulasi (sumber dan teknik), perpanjangan pengamatan dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Game online menunjukkan dampak ke yang negatif bagi para siswa, seperti dapat mengakibatkan kecanduhan dan lupa dengan kewajiban sebagai seorang pelajar serta dapat membuat siswa memiliki akhlak yang tercela. (2) Membina akhlak siswa memiliki faktor yang menentukan cepat atau pelannya pembinaan itu mencapai tujuan. Pribadi siswa dengan latar belakang yang beragam menjadi penentu faktor pembinaan akhlak akan tercapai secara cepat atau lambat. (3) Peran guru dalam membina akhlak kepada diri sendiri dan orang lain yaitu dengan cara guru sangat memegang teguh tanngung jawab sebagai seorang pendidik yang di atur melalui undang-undang dan kode etik guru dan telah ditentukan oleh dinas pendidikan di kota masing-masing.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193368 KRISNA AJI NUGRAHA |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 07:43 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 07:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44016 |
Actions (login required)
View Item |