KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY SISWA KELAS X TITL 1 SMK SORE TULUNGAGUNG PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL

TIYAS AGUSTINA NURARIFIN, 12204193052 (2024) KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY SISWA KELAS X TITL 1 SMK SORE TULUNGAGUNG PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (791kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)

Abstract

ABSTRAK Nurarifin, Tiyas Agustina. 2023. Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau Dari Self-Efficacy Siswa Kelas X TITL 1 SMK Sore Tulungagung Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel, Skripsi, Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah. Pembimbing Dr. Maryono, M. Pd. Kata Kunci : Koneksi Matematis, Self-efficacy, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya proses pembelajaran di SMK Sore Tulungagung yang selama ini terjadi, ketika guru menggunakan pembelajaran konvensional para perserta didik kesulitan untuk mengkaitkan materi yang telah diajarkan sebelumnya dengan bab–bab berikutnya, mengingat terlalu banyak konsep dan prosedur matematika yang saling terpisah, sehingga koneksi matematis dirasa berperang penting dalam proses penyelesaian masalah matematika, koneksi matematis sendiri memiliki tiga indikator yakni koneksi antar topik matematika, koneksi dengan disiplin ilmu lain, dan koneksi dengan kehidupan sehari-hari. Salah satu hal yang tidak kalah penting untuk menunjang keberhasilan dalam pemahaman dalam koneksi matematis adalah keyakinan diri atau self-efficacy. Rumusan masalah dalam peneltian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan koneksi metematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel dengan self-efficacy tinggi? (2) Bagaimana kemampuan koneksi metematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel dengan self-efficacy sedang? (3) Bagaimana kemampuan koneksi metematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel dengan self-efficacy rendah?. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi metematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel dengan masing-masing tingkatan self-efficacy. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian merupakan siswa kelas X TITL 1 SMK Sore Tulungagung yang berjumlah 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa dengan self-efficacy tinggi, 2 siswa dengan self-efficacy sedang, dan 2 siswa dengan self-efficacy rendah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, tes, dan wawaancara. Dengan teknik analisis data pengumpulan data, reduksi data, dan verifikasi data. Hasil Penelitian Menunjukan bahwa (1) kemampuan koneksi matematis siswa yang memiliki self-efficacy tinggi telah memenuhi semua indikator koneksi matematis (2) kemampuan koneksi matematis siswa yang memiliki self-efficacy sedang mampu memenuhi dua indikator, namun belum mampu memahami konsep antara matematika dengan keilmuan dibidang lain (3) kemampuan koneksi matematis siswa yang memiliki self-efficacy rendah hanya mampu memenuhi indikator koneksi matematis yaitu mampu memahami koneksi antar matematika dengan kehidupan sehari-hari untuk menyelesaikan masalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193052 TIYAS AGUSTINA NURARIFIN
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:25
Last Modified: 21 Mar 2024 07:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44399

Actions (login required)

View Item View Item