ILMILA ARISUKMA, 12209193102 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN SCORE QUIZ ON BOARD DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI MTS ASWAJA TUNGGANGRI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (10MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Media Permainan Score Quiz on Board, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini berlatar belakang dari kurangnya minat belajar pada siswa dalam mata pelajaran IPS yang menyebabkan rendahnya nilai hasil belajar siswa di MTS Aswaja Tunggangri Tulungagung. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru yang menyebabkan pembelajaran menjadi monoton dan kurang menarik menjadikan siswa mudah bosan sehingga minat belajar IPS siswa rendah yang berdampak pada hasil belajarnya. Salah satu upaya inovasi yang dapat digunakan guru yaitu pembelajaran menggunakan media permainan Score Quiz on Board untuk menarik minat sehingga mendapatkan hasil belajar yang memuaskan. Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu: 1) Adakah pengaruh penggunaan media permainan score quiz on board terhadap minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di MTS Aswaja Tunggangri Tulungagung Tahun Pelajaran 2022/2023? 2) Adakah pengaruh penggunaan media permainan score quiz on board terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di MTS Aswaja Tunggangri Tulungagung Tahun Pelajaran 2022/2023?. Adapun tujuannya, yaitu: 1) Untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media permainan score quiz on board terhadap minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di MTS Aswaja Tunggangri Tulungagung Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media permainan score quiz on board terhadap minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di MTS Aswaja Tunggangri Tulungagung Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan jenis quasi eksperiment dengan pendekatan kuantitatif, dimana penggunaan media permainan score quiz on board sebagai variabel bebas sedangkan minat dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Populasi penelitian yaitu kelas VII dengan sampel yang mengambil dua kelas yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen (E) sebanyak 24 siswa dan VII-B sebagai kelas kontrol (K) sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi dengan teknik analisis uji hipotesis data menggunakan uji T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh penggunaan media permainan score quiz on board terhadap minat belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VII di MTS Aswaja Tunggangri Tulungagung tahun ajaran 2022/2023 memperoleh nilai
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209193102 ILMILA ARISUKMA |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 03:34 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 03:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44471 |
Actions (login required)
View Item |