PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN SIMULASI PHET UNTUK MATERI GELOMBANG MEKANIK KELAS XI MAN 5 KEDIRI

MUCHAMMAD FAIZ AGAM, 12211183046 (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN SIMULASI PHET UNTUK MATERI GELOMBANG MEKANIK KELAS XI MAN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (449kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Simulasi PhET Untuk Materi Gelombang Mekanik Kelas XI MAN 5 Kediri” ini ditulis oleh Muchammad Faiz Agam, NIM. 12211183046, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Problem Based Learning, PhET Simulation, Gelombang mekanik. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menghasilkan LKPD berbasis problem based learning berbantuan simulasi PhET yang layak untuk materi gelombang mekanik kelas XI. 2) mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik yang menggunakan LKPD berbasis problem based learning berbantuan simulasi PhET. 3) mengetahui peningkatan hasil belajar aspek kognitif peserta didik yang menggunakan LKPD berbasis problem based learning berbantuan simulasi PhET. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model 4D. Tahap define merupakan tahap analisis kondisi lapangan. Tahap design merupakan tahap merancang LKPD berbasis PBL berbantuan simulasi PhET dan istrumen penelitian. Tahap development merupakan tahap menghasilkan LKPD berbasis PBL berbantuan simulasi PhET yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Tahap disseminate merupakan tahap penyebarluasan produk. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 5 Kediri dengan subjek peserta didik kelas XI MIPA 1 tahun ajaran 2022/2023. Teknik analisis data terdiri dari analisis data validasi instrumen dan analisis motivasi dan hasil belajar peserta didik. Analisis validitas instrumen menggunakan CVR/CVI, koefisien alpha cronbach dan SBi, sedangkan analisis hasil menggunakan standard gain. Analisis motivasi dan hasil belajar peserta didik menggunakan standard gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) telah dihasilkan LKPD berbasis PBL berbantuan simulasi PhET yang layak dan dapat digunakan untuk pembelajaran fisika pada materi gelombang mekanik dengan nilai rata-rata tiap validator 111,5 yang menunjukkan kategori sangat baik. 2) peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan LKPD berbasis PBL berbantuan simulasi PhET menghasilkan nilai standard gain sebesar 0,24 dengan kategori rendah. 3) peningkatan hasil belajar peserta didik setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan LKPD berbasis PBL berbantuan simulasi PhET menghasilkan nilai standard gain 0,61 dengan kategori sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211183046 MUCHAMMAD FAIZ AGAM
Date Deposited: 17 Apr 2024 03:21
Last Modified: 17 Apr 2024 03:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44504

Actions (login required)

View Item View Item