STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXSTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PALAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XI DI SMK PGRI TULUNGAGUNG

ACHMAD MISBACHUDDIN, 2811123036 (2017) STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXSTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PALAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XI DI SMK PGRI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas XI di SMK PGRI Tulungagung”, ini ditulis oleh Anang Surya Widjajanto Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam dibimbing H. Muh. Nurul Huda, MA Kata Kunci:Contextual Teaching and Learning, Aqidah Akhlak Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada masyarakat terhadap profesi guru kurang berkenan berbeda dengan pengakuan profesi dokter atau hakim. Apabila ukuran tinggi rendahnya pengakuan keprofesionalan tersebut adalah keahlian dan tingkat pendidikan yang ditempuhnya, gurupun ada yang setingkat dengan profesi lain dan bahkan ada yang lebih baik.Faktor lain yang mengakibatkan rendahnya pengakuan masyarakat terhadap profesi guru adalah kelemahan yang terdapat pada guru itu sendiri seperti rendahnya keprofesionalan guru, penguasaan guru dalam memotivasi belajar siswa serta kemampuan-kemamuan lain yang belum optimal Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola bahan di SMK 3 PGRI Tulungagung? 2) Bagaimanakah profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan media/sumber belajar di SMK PGRI Tulungagung? 3) Bagaimana profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di SMK PGRI Tulungagung? Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitiannya 1) Profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola bahan di SMK PGRI Tulungagung dilakukan dengan jalan: a)perencanaan pengelolaan bahan disusun sedemikian rapi untuk memaksimalkan pembelajaran yang dilakukan sekaligus menerapkan standar kompetensi yang harus dikuasai oleh para siswa. b)guru mempersiapkan bahan pembelajaran yang meliputi: RPP, Prosem, Prota, pekan efektif dan silabus. 2) Profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan media/sumber belajar di SMK 3 PGRI Tulungagung dilakukan dengan jalan: a) senantiasa berpedoman pada tujuan, b) mempertimbangkan perbedaan individual anak didik perlu di pertimbangan dalam penggunaan media pembelajaran power point. c) memperhatikan tersedianya sarana dan prasarana yaitu didukung dengan fasilitas, d) Mempertimbangkan jenis tugas yang jelas dan tepat Sebelum memberikan tugas guru pendidikan agama Islam, 3) Profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di SMK PGRI Tulungagung. Profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas yang merupakan salah satu tugas guru untuk menciptakan maupun mempertahankan iklim kondisi belajar yang kondusif dan efektif. Profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas dapat dilihat dari pengelolaan kelas dapat dikelompokkan menjadi pengelolaan siswa di kelas, pengelolaan ruang belajar siswa serta mengelompokkan murid membagi tugas dan mengawasi pelaksanaannya dengan tujuan agar pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan terkendali. Pembelajaran yang berhasil sebagian besar ditunjang oleh kompetensi dan penguasaan guru dalam menyampaikan pelajaran yang diampunya, selain itu pula penguasaan atas kondisi kelas, pemahaman akan keberadaan siswa juga menjadi pertimbangan penting. Selain itu pula ada kegiatan praktik, yang mana mencoba menanamkan pengalaman membaca Al-Qur’an, praktik sholat, wudlu, tayamum, dan keterampilan dasar lainnya. Ini memang menjadi fokus perhatian dari sekolah yang menyatakan bahwa semua siswa harus menguasai keterampilan dasar dalam kehidupan beragama.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123036 ACHMAD MISBACHUDDIN
Date Deposited: 03 Jan 2017 08:50
Last Modified: 03 Jan 2017 08:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4469

Actions (login required)

View Item View Item