PENGARUH INTENSITAS PHUBBING TERHADAP KUALITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL SANTRI DI PPTQ AL HIDAYAH

AINUN NURHABIBAH, 12305193137 (2024) PENGARUH INTENSITAS PHUBBING TERHADAP KUALITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL SANTRI DI PPTQ AL HIDAYAH. [ Skripsi ]

[img] Text
PENGARUH INTENSITAS PHUBBING TERHADAP KUALITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL SANTRI DI PPTQ AL HIDAYAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Phubbing merupakan tindakan mengesampingkan individu di sekitar dalam konteks sosial karena fokus perhatian yang intens pada smartphone, yang mengakibatkan kurangnya perhatian terhadap komunikasi dan lingkungan sekitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai sejauh mana intensitas Phubbing memengaruhi kualitas komunikasi interpersonal di kalangan santri. Pendekatan penelitian ini bersifat kuantitatif dan digunakan untuk mengevaluasi pengaruh variabel intensitas Phubbing terhadap variabel komunikasi interpersonal. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, di mana penelitian ini melibatkan seluruh santri sebagai responden, dengan total responden sebanyak 89 santri. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala Likert, di mana setiap pertanyaan memiliki skor tersendiri. Data yang diperoleh kemudian diolah melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, dan uji heterokedasitas. Hasil penelitian, setelah diuji dengan analisis regresi sederhana, menunjukkan bahwa signifikansi (sig) sebesar 0,001 (p<0,05), mengindikasikan bahwa intensitas Phubbing memiliki pengaruh terhadap kualitas komunikasi santri. Fenomena ini disebabkan oleh tingginya aktivitas Phubbing, yang membuat sulit terjalinnya komunikasi interpersonal, sehingga mengakibatkan penurunan kualitas komunikasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 12305193137 AINUN NURHABIBAH
Date Deposited: 02 Apr 2024 02:35
Last Modified: 02 Apr 2024 02:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44692

Actions (login required)

View Item View Item