STRATEGI PEMASARAN BISNIS BUDIDAYA IKAN LELE “BERKAH MANDIRI” PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

MUFIDATUN NUR LAILA, 12405193031 (2024) STRATEGI PEMASARAN BISNIS BUDIDAYA IKAN LELE “BERKAH MANDIRI” PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. [ Skripsi ]

[img] Text
STRATEGI PEMASARAN BISNIS BUDIDAYA IKAN LELE “BERKAH MANDIRI” PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Budidaya ikan lele memiliki potensi besar di era ini karena diminati masyarakat, sehingga cukup banyak bermunculan usaha-usaha budidaya ikan lele baru. Hal ini menyebabkan dunia usaha jual beli ikan lele memiliki persaingan yang semakin ketat, sehingga membutuhkan strategi marketing yang baik untuk dapat memenangkan persaingan di bidang usaha budidaya ikan lele. Hasil survey pendahulu menemukan bahwa penerapan strategi marketing mix mampu meningkatkan penjualan ikan lele Berkah Mandiri. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan Strategi Pemasaran Bisnis Budidaya Ikan Lele Berkah Mandiri Perspektif Etika Bisnis Islam yang terbukti mampu meningkat penjualan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dilakukan analisis data. Analisis data yang meliputi tahapan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa usaha budidaya ikan lele Berkah Mandiri berhasil meningkatkan penjualan dengan strategi marketing mix 7P (product, price, place, promotion, people, processes and physical evidence) yang berupa menjual ikan lele dengan kualitas bagus dan sehat dengan berbagai macam jenis, memberikan harga berdasarkan kualitas ikan dan harga jual yang bisa ditawar, lokasi mudah dijangkau, membuka stand penjualan dipasar, memiliki lingkungan yang cocok untuk budidaya, melakukan promosi dari mulut ke mulut dan media social (WhatsApp dan Facebook), SDM yang terampil dengan etos kerja yang tinggi, memilih bibit ikan lele yang unggul, pemberian pakan ikan lele yang bagus, memperhatikan kualitas air kolam, melakukan penanganan hama dan penyakit, proses panen ikan yang sesuai dengan prosedur panen yang aman, kolam dibersihkan selama seminggu sekali, ukuran kolam dibagi menjadi beberapa ukuran (sesuai dengan usia ikan) dan kolam terlihat bersih. Adapun prinsip Etika Bisnis Islam yang diterapkan ada 5 yaitu; jujur dan amanah, tepat menimbang dan menghindari gharar, saling menguntungkan, suka rela dalam jual beli dan tidak menjelekkan bisnis orang lain. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Strategi Marketing Mix 7P, Etika Bisnis Islam

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405193031 MUFIDATUN NUR LAILA
Date Deposited: 02 Apr 2024 06:35
Last Modified: 02 Apr 2024 06:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44734

Actions (login required)

View Item View Item