PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKN PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUSSALAM PIKATAN II WONODADI BLITAR

FATKHUR RIZQI NUR FAHMI, 2817123064 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKN PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUSSALAM PIKATAN II WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (128kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (921kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (46kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PKn Peserta Didik Kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Fatkhur Rizqi Nur Fahmi, NIM. 2817123064, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Drs. Muh. Kharis., M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Group Investigation, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fakta bahwa peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, peserta didik cenderung pasif sebagai pendengar setia dari ceramah guru sehingga peserta didik menjadi jenuh, peserta didik terkadang berbicara dengan teman ketika dijelaskan oleh guru, pembelajaran didominasi oleh guru yang monoton yang dilakukan di Madrasah tersebut, sehingga dapat mengakibatkan hasil belajar peserta didik menurun. Dalam pembelajaran PKn ada beberapa model pembelajaran yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan hasil dan motivasi belajar peserta didik. Salah satunya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation. Pembelajaran menggunakan Group Investigation ini diharapkan dapat memotivasi peserta didik dan menjadikan kegiatan belajar menjadi efektif, kreatif, dan menumbuhkan daya kreativitas. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran PKn materi pokok kebebasan berorganisasi peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar? 2) Bagaimana peningkatan motivasi dan hasil belajar Pkn materi pokok kebebasan berorganisasi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan proses atau langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran PKn materi pokok kebebasan berorganisasi peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar. 2) Untuk meningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran PKn dengan materi pokok kebebasan berorganisasi peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Untuk mengetahui peningkatan pada waktu tindakan, dan setelah tindakan dilakukan. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus tindakan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengamati proses pembelajaran. Tes digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran group investigation. Wawancara digunakan untuk mengetahui respons peserta didik terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran group investigation. Angket untuk melihat peningkatan motivasi belajar peserta didik. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data dengan melihat laporan yang sudah tersedia termasuk foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan model group investigation dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi kebebasan berorganisasi. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar peserta didik pada tes siklus I yakni sebesar 66,67% yang sebelumnya pada pelaksanaan pre tes hanya sebesar 37,50%, dan selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 87,50% dan kenaikan motivasi belajar pula dari yang semula jumlah rata-rata hanya 34,66 naik menjadi 39,6. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn dengan penerapan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas V MI Darussalam Pikatan II Wonodadi Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123064 FATKHUR RIZQI NUR FAHMI
Date Deposited: 04 Jan 2017 04:34
Last Modified: 04 Jan 2017 04:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4487

Actions (login required)

View Item View Item