PENGEMBANGAN E-MODUL SAINTIFIK BIOLOGI TERINYEGRASI KEISLAMAN PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X MA MIFTAHUL ULUM DAWAR BLANDONG MOJOKERTO

PUTRI NUR KHOIRIYAH, 12208183019 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL SAINTIFIK BIOLOGI TERINYEGRASI KEISLAMAN PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X MA MIFTAHUL ULUM DAWAR BLANDONG MOJOKERTO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (975kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (591kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Saintifik Biologi Terintegrasi Keislaman Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X MA Miftahul Ulum Dawar Blandong Mojokerto” ditulis oleh Putri Nur Khoiriyah, NIM 12208183019, pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata Kunci : E-Modul, Keanekaragaman Hayati, terintegrasi keislaman Bahan ajar yang dapat menarik minat belajar peserta didik pada materi keanekaragaman hayati masih sangat terbatas. Pada proses pembelajaran peserta didik hanya menggunakan LKS dan buku paket saja dan belum memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada, pada umumnya materi yang ada hanya terfokus pada pengetahuan umum saja dan belum terinegrasi keislaman. Pengembangan bahan ajar berupa E-Modul saintifik biologi terintegrasi keislaman pada materi keanekaragaman hayati ini perlu dilaksanakan. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk; (1) mengembangkan E-Modul saintifik biologi terintegrasi keislaman pada materi keanakaragaman hayati kelas X; (2) mengetahui tingkat validitas dari pengembangan E-Modul saintifik biologi terintegrasi keislaman pada materi keanakaragaman hayati; (3) mengetahui respon peserta didik terhadap E-Modul saintifik biologi terintegrasi keislaman pada materi keanakaragaman hayati. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan 4D. Tahapan 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Namun, penelitian ini hanya dibatasi pada tahap ketiga karena keterbatasan waktu dan tenaga. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wewancara untuk mengetahui analisis kebutuhan produk, lembar validasi untuk menguji kelayakan produk yang dilakukan oleh 2 dosen biologi dan 1 guru biologi di MA Miftahul Ulum Dawar Blandong Mojokerto. Angket peserta didik digunakan untuk mengetahui bagaimana respon peserta didik kelas X IPA MA Miftahul Ulum Dawar Blandong Mojokerto yang berjumlah 30 peserta didik. Hasil dari penelitian ini (1) E-Modul dikembangkan dengan 3 tahapan yaitu define, design, dan develop menggunakan aplikasi Canva dan Heyzine Flipbook. Isi E-Modul meliputi cover, halaman judul, kata pengantar, daftar isi, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, petunjuk penggunaan modul, peta konsep, deskripsi, materi pembelajaran, soal evaluasi, rangkuman dan daftar pustaka. (2) Hasil dari validasi ahli materi terhadap E-Modul 75% dengan kategori layak. Sedangkan untuk hasil dari validator ahli media 73,1% dengan kategori layak. Respon dari peserta didik terhadap E-Modul biologi terintegrasi keislaman pada materi keanekaragaman hayati memperoleh hasil 86,6% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan perhitungan dari hasil uji validasi ahli dan respon peserta didik E�Modul biologi terintegrasi keislaman pada materi keanekaragaman hayati ini dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Lingkungan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183019 Putri Nur Khoiriyah
Date Deposited: 29 Apr 2024 05:01
Last Modified: 29 Apr 2024 05:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45099

Actions (login required)

View Item View Item