KONSUMERISME PEREMPUAN PENGGEMAR KOREAN POP (Studi Fenomenologi Pada Komunitas NCTZEN Blitar)

ZURAITA BINTI CHUSNUDIN, 12309193076 (2024) KONSUMERISME PEREMPUAN PENGGEMAR KOREAN POP (Studi Fenomenologi Pada Komunitas NCTZEN Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
KONSUMERISME PEREMPUAN PENGGEMAR KOREAN POP (Studi Fenomenologi Pada Komunitas NCTZEN Blitar).pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Setiap perempuan penggemar Korean Pop melakukan kegiatan konsumerisme untuk kebutuhan sehari-hari dan setiap penggemar Korean Pop pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Seperti yang dilakukan oleh perempuan penggemar Korean Pop di Komunitas NCTZEN Blitar. Dalam hal memberikan apresiasi dan mendukung idolanya sebagai seorang penggemar, perilaku konsumerisme yang dilakukan oleh perempuan penggemar Korean Pop di Komunitas NCTZEN Blitar yaitu membeli dan mengoleksi beberapa produk-produk yang berhubungan dengan Korean Pop. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana latar belakang yang membuat penggemar memiliki perilaku konsumerisme, dan sejauh mana bentuk perilaku konsumerisme yang dilakukan oleh penggemar Korean pop dalam Komunitas NCTZEN Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di Komunitas NCTZEN Blitar di Kota Blitar. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah anggota komunitas NCTZEN Blitar di Kota Blitar. Data dari penelitian ini diperoleh melalui hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam menganalisis data adalah teori masyarakat konsumtif milik Jean Baudrillard. Hasil dari penelitian ini adalah (1) latar belakang penggemar membeli produk Korean pop karena adanya pengaruh lingkungan sosial dalam pertemanan, adanya modal ekomoni yang cukup untuk mengonsumsi berbagai produk Korean pop yang mahal, dan karena pengaruh media sosial yang sering menampilkan produk-produk Korean pop. (2) bentuk perilaku konsumerisme perempuan penggemar Korean Pop adalah melakukan pembelian berupa produk-produk seperti, album fisik, photocard, lightstick, pakaian, hingga nonton konser. Kata Kunci: Konsumerisme, Penggemar, Korean Pop, Komunitas

Item Type: Skripsi
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Sosiologi Agama
Depositing User: 12309193076 ZURAITA BINTI CHUSNUDIN
Date Deposited: 23 Apr 2024 02:49
Last Modified: 23 Apr 2024 02:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45120

Actions (login required)

View Item View Item