PENERAPAN AKUNTANSI LINGKUNGAN DALAM PENGELOLAAN LIMBAH PABRIK SEBAGAI BENTUK PERTANGGUNGJAWABAN PERUSAHAAN (Studi Pada Industri Gula Tebu Desa Jemekan Ditinjau Dari Perskpektif PSAK No. 57)

ALVI FATIMATUL KHUSNA, 12403193200 (2023) PENERAPAN AKUNTANSI LINGKUNGAN DALAM PENGELOLAAN LIMBAH PABRIK SEBAGAI BENTUK PERTANGGUNGJAWABAN PERUSAHAAN (Studi Pada Industri Gula Tebu Desa Jemekan Ditinjau Dari Perskpektif PSAK No. 57). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (750kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Akuntansi Lingkungan Terhadap Pengelolaan Limbah Pabrik Sebagai Bentuk Pertanggungjawaban Perusahaan (Pada Industri Gula Tebu Desa Jemekan Ditinjau dari PSAK No. 57)” ini ditulis oleh Alvi Fatimatul Khusna, NIM 12403193200, dengan pembimbing Dr. Lantip Susilowati, S.Pd., M.M. Penelitian ini didasari dengan munculnya berbagai isu lingkungan yang disebabkan oleh perekonomian modern sehingga mendorong perusahaan secara sukarela untuk menerapkan Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggungjawab sosial yang ditujukan untuk mendorong perusahaan agar lebih etis dalam menjalankan aktivitasnya yang berkaitan dengan lingkungan terlebih mengingat Indonesia belum memiliki regulasi secara khusus terkait akuntansi lingkungan. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan akuntansi lingkungan terhadap pengelolaan limbah sebagai bentuk pertanggungjawaban perusahaan pada Industri Gula Tebu Desa Jemekan. 2) Untuk menjelaskan kesesuaian penerapan akuntansi lingkungan terhadap pengelolaan limbah sebagai bentuk pertanggungjawaban perusahaan pada Industri Gula Tebu Desa Jemekan dengan PSAK No. 57. 3) Untuk menjelaskan kendala dan solusi dalam penerapan akuntansi lingkungan terhadap pengelolaan limbah sebagai bentuk pertanggungjawaban perusahaan pada Industri Gula Tebu Desa Jemekan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang di dapat berupa data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi rekaman arsip, observasi dan wawancara dengan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Industri Gula Tebu Desa Jemekan telah berupaya melaksanakan akuntansi lingkungan dengan mengelola dan memanfaatkan limbah yang dihasilkan sedemikian rupa serta menerapkan Corporate Social Responsibility (CSR). 2) Industri Gula Tebu Desa Jemekan telah menerapkan PSAK No. 57 namun belum sepenuhnya dalam provisi terkait biaya lingkungan yang ditimbulkan. 3) Kendala yang dihadapi oleh Industri Gula Tebu Desa Jemekan dalam menerapkan akuntansi lingkungan adalah pencatatan biaya lingkungan dalam hal pengakuan, penggantian, dan pengungkapan dengan solusi berupa perlunya pelatihan SDM untuk menunjang penerapan PSAK dalam pelaporan keuangan khususnya PSAK No. 57 operasionalnya sangat erat berkaitan dengan lingkungan. Kata kunci: Akuntansi Lingkungan, Corporate Social Responsibility (CSR)

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 12403193200 ALVI FATIMATUL KHUSNA
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:42
Last Modified: 24 Apr 2024 06:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45215

Actions (login required)

View Item View Item