PENGARUH MEDIA FILM ANIMASI ‘SANG KANCIL DAN KERBAU’ TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMPN 2 KALIDAWIR

YOLLIN SEPTI ARYADINI, 12210193114 (2023) PENGARUH MEDIA FILM ANIMASI ‘SANG KANCIL DAN KERBAU’ TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMPN 2 KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (929kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (744kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (789kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (545kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (936kB)

Abstract

Yollin Septi Aryadini.2023. Pengaruh Media Film Animasi ‘Sang Kancil dan Kerbau’ Terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMPN 2 Kalidawir. Skripsi, Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Bagus Wahyu Setyawan M.Pd. Kata Kunci: Media Film Animasi, Keterampilan Menulis, Teks Fabel. Media pembelajaran sangat penting untuk menarik perhatian siswa. Selain itu media pembelajaran yang kreatif dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi dan siswa pun akan lebih mudah mengerti. Media pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran, yaitu media audio, media visual, media audio-visual, dan multimedia. Guru dapat mengembangkan media pembelajaran yang ada sesuai dengan materi pembelajaran. Dengan hal tersebut dapat mempermudah untuk mendapatkan informasi dan menemukan media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Penggunaan sebuah media pembelajaran yang tepat, diharapkan siswa dapat lebih memahami materi dan mencapai hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Eksperimen semu ini dilakukan untuk menguji hipotesis tentang ada tidaknya pengaruh suatu perlakuan bila dibandingkan dengan perlakuan lain dengan pengontrolan variabelnya sesuai dengan kondisi yang ada. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Kalidawir. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, Sedangkan Sampel penelitian ini adalah 28 siswa kelas VII-A sebagai kelas kontrol dan 28 siswa kelas VII-B sebagai kelas eksperimen. Hasil nilai pre-test, post-test digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Uji sample paired t- test dilakukan untuk menganalisis data dengan bantuan menggunakan spss versi 16. Hasil pengelolaan data dengan menggunakan uji sample paired t-test dengan norma keputusan yang diambil untuk menguji hipotesis statistik ini yaitu: (1) jika sig. (2- tailed) < 0,05 taraf signifikansi, maka Hₐ diterima dan H₀ ditolak, yang berarti terdapat pengaruh media film animasi terhadap keterampilan menulis teks fabel, (2) jika sig. (2-tailed) > 0,05 taraf signifikansi, maka Hₐ ditolak dan H₀ diterima, yang berarti tidak terdapat pengaruh media film animasi terhadap keterampilan menulis teks fabel. Data pada kelas kontrol sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan kelas eksperimen sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Hₐ diterima dan H₀ ditolak yang berarti terdapat pengaruh penggunaan media film animasi terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMPN 2 Kalidawir. Berdasarkan hal tersebut terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media film animasi terhadap keterampilan menulis teks fabel.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210193114 YOLLIN SEPTI ARYADINI
Date Deposited: 14 May 2024 08:06
Last Modified: 14 May 2024 08:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45339

Actions (login required)

View Item View Item