PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD MUHAMMADIYAH PROGRAM PLUS BESUKI TULUNGAGUNG

LUTFI NUR FARIDA, 2817123094 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD MUHAMMADIYAH PROGRAM PLUS BESUKI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (298kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV SD Muhammadiyah Program Plus Besuki Tulungagung ini ditulis oleh Lutfi Nur Farida, NIM 2817123094, Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan pembelajaran IPA di Sekolah Dasar peserta didik banyak mengalami kesulitan belajar, realitanya di Sekolah Dasar peserta didik sering diberi pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional dimana aktivitas pembelajaran kebanyakan didominasi oleh guru. Dengan model tersebut peserta didik menjadi kurang mandiri dan pasif, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Menyikapi masalah tersebut, perlu dikembangkan model pembelajaran yang tepat dan efektif. Model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Program Plus Besuki Tulungagung pada pembelajaran IPA pokok bahasan energi dan perubahnnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi dan perubahnnya peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Program Plus Besuki Tulungaugung tahun ajaran 2015/ 2016? (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar yang diperoleh peserta didik dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi dan perubahannya peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Program Plus Besuki Tulungagung tahun ajaran 2015/ 2016? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk Menjelaskan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi dan perubahannya peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Program Plus Besuki Tulungagung tahun ajaran 2015/ 2016. (2) Untuk Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar yang diperoleh peserta didik dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi dan perubahannya peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Program Plus Besuki tahun ajaran 2015/ 2016. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Program Plus Besuki Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 70. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sangat efektif diterapkan pada peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Program Plus Besuki Tulungagung mata pelajaran IPA pokok bahasaan energi dan perubahannya. 2) Penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Program Plus Besuki Tulungagung mata pelajaran IPA pokok bahasan energi dan perubahannya. Dengan diketahui bahwa pada tes awal (pre test) nilai rata-rata hanya 59,17% dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 25%, nilai rata-rata peserta didik mengalami peningkatan yang cukup signifikan menjadi 63,14% pada tes formatif siklus I, dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 42,85%, Pada siklus berikutnya, yaitu siklus II terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata 80,10% dengan prosentase ketuntasan belajar mencapai 82,14%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123094 LUTFI NUR FARIDA
Date Deposited: 12 Jan 2017 04:37
Last Modified: 12 Jan 2017 04:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4583

Actions (login required)

View Item View Item