DEWI ZULAIKHO, 12212183013 (2022) PENGEMBANGAN BUKU SAKU KIMIA BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA POKOK MATERI TERMOKIMIA SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS XI MIPA DI MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (568kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (650kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (441kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
Sumber belajar merupakan komponen mutlak yang perlu ada dalam proses pembelajaran. Akibat pandemi covid-19, alokasi waktu pembelajaran kimia menjadi terbatas sehingga diperlukan ketersedian sumber belajar mandiri yang ringkas dan praktis untuk membantu peserta didik dalam memahami materi kimia, baik selama pembelajaran dalam kelas maya maupun tatap muka. Salah satu sumber belajar yang dinilai praktis adalah buku saku. Ukurannya yang kecil, ringan, dan mudah dibawa kemanapun dan dibaca kapanpun dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk mempermudah peserta didik dalam mempelajari suatu materi secara mandiri. Termokimia merupakan salah satu konsep yang seringkali membuat peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materinya karena bersifat abstrak dan memerlukan representasi pada tingkat makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Oleh karena itu, buku saku kimia berbasis multipel representasi pada materi termokimia dapat dijadikan sebagai alternatif sumber belajar mandiri bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku saku kimia berbasis multipel representasi pada pokok materi termokimia sebagai alternatif sumber belajar mandiri siswa kelas XI MIPA di MA Ma‟arif Udanawu Blitar, menguji kelayakan buku saku kimia tersebut berdasarkan penilaian dari ahli, dan mengetahui respon peserta didik terhadap buku saku kimia tersebut. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Tahapan ADDIE meliputi Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara untuk menganalisis kebutuhan dan karakteristik peserta didik, lembar validasi untuk menguji kelayakan produk, dan angket respon peserta didik untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan produk. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan media yang meliputi 2 dosen kimia dan 1 guru kimia di MA Ma‟arif Udanawu Blitar. Uji coba terbatas dilakukan terhadap subjek sebanyak 33 peserta didik kelas XI MIPA 3 di MA Ma‟arif Udanawu Blitar. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif Hasil penelitian ini berupa buku saku kimia cetak yang dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word, Microsoft Power Point, dan Canva. Buku Saku Kimia berbasis multipel representasi pada materi termokimia ini dinyatakan sangat baik/sangat layak oleh validator. Pada aspek materi buku saku kimia mendapat persentase sebesar 93,6% dengan aspek multipel representasi sebesar 86%. Sementara pada aspek media mendapatkan persentase sebesar 91,3%. Respon peserta didik terhadap buku saku kimia mendapatkan respon dengan kriteria baik dengan dibuktikan hasil persentase keseluruhan respon sebesar 81,9%
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 12212183013 DEWI ZULAIKHO |
Date Deposited: | 15 May 2024 08:28 |
Last Modified: | 15 May 2024 08:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46013 |
Actions (login required)
View Item |