ghinanjar akhmad syamsudin, 2811123093 (2017) KINERJA GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN MORAL SISWA DI SMPN 01 SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN 2016. [ Skripsi ]
|
Text
Cover Ghinanjar.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Ghinanjar.pdf Download (605kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II Ghinanjar.pdf Download (616kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III Ghinanjar.pdf Download (604kB) | Preview |
|
Text
BAB IV Ghinanjar.pdf Download (606kB) |
||
Text
BAB V Ghinanjar.pdf Download (603kB) |
||
Text
BAB VI Ghinanjar.pdf Download (80kB) |
||
Text
Daftar Pustaka Ghinanjar.pdf Download (620kB) |
Abstract
ABSTRAK Ghinanjar Akhmad Syamsudin, 2016, “Kinerja Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Moral Siswa di SMP Negeri 01 Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun 2016”. FTIK, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Dosen pembimbing Dr. H. Ahyak, M. Ag. Kata Kunci : Kinerja Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Moral. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa Guru Pendidikan Agama Islam memiliki peranan yang sangat besar dan penting tehadap pembinaan moral siswa di SMPN 01 Sumbergempol tahun 2016. Pembinaan moral merupakan suatu upaya untuk memperbaiki nilai-nilai moral siswa yang semakin merosot karena pengaruh perkembagan zaman yang semakin modern. Tujuan pembinaan moral adalah menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah untuk menangkis nilai-nilai negatif yang merupakan akibat dari arus globalisasi yang semakin modern, dan untuk memerangi kecenderungan matrealisme dan konsumerisme dengan menanamkan nilai kesederhanaan dan cinta kepada sesama. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana konsep guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan moral Siswa di SMPN 01 Sumbergempol Kabupaten Tulungagung tahun 2016? (2) Bagaimana metode Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan moral Siswa di SMPN 01 Sumbergempol Kabupaten Tulungagung tahun 2016? (3) Bagaimana evaluasi Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan moral Siswa di SMPN 01 Sumbergempol Kabupaten Tulungagung tahun 2016?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan problematika yang melatarbelakangi konsep Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan moral Siswa di SMPN 01 Sumbergempol Kabupaten Tulungagung tahun 2016, mendeskripsikan metode Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan moral Siswa di SMPN 01 Sumbergempol Kabupaten Tulungagung tahun 2016, mendeskripsikan evaluasi Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan moral Siswa di SMPN 01 Sumbergempol kabupaten Tulungagung tahun 2016. Skripsi ini bermanfaat bagi lembaga SMPN 01 Sumbergempol, sebagai masukan dan pertimbangan serta pijakan dasar untuk memperbaiki kekurangan dan kesalahan dalam proses belajar-mengajar maupun yang lainnya yang berhubungan dengan kependidikan, bagi lembaga IAIN Tulungagung, sebagai bahan refrensi untuk seluruh Dosen dan Mahasiswa dalam kegiatan pendidikan di kampus, bagi peneliti, dapat menjadi masukan dan menambah pengalaman bagi peneliti kelak dalam mengajar, bagi pembaca sebagi pembaca diharapakan dapat digunakan sebagai referensi atau pedoman bagi pendidikan formal. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dan dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, intervew dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu menganalisis data-data tentang fenomena yang ada dalam bentuk tertulis baik secara tulisan maupun lisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penelitian dengan berberapa data yang diperoleh bahwa Kinerja Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan moral Siswa di SMPN 01 Sumbergempol memiliki peranan yang sangat penting dan mendasar yaitu pembinaan moral meliputi proses pencegahan dan pembinaan melaluhi proses penyembuhan, Guru Pendidikan Agama Islam juga menggunakan metode-metode yang akhlakul karimah, yaitu Moral Knowing/ Learning to Know, Moral Loving/ Moral Feeling, Moral Doing/Learning to Do Adapun metode yang lebih bersifat operasional dalam pembinaan moral adalah memberi pelajaran atau nasihat, metode pembiasaan, metode keteladanan sedangkan bentuk evaluasinya meliputi nilai raport, catatan harian Guru, pengamatan langsung, catatan laporan Buku Kendali Siswa. Dengan demikian Guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 01 Sumbergempol bekerja dengan baik dalam membina moral siswa dengan bukti Guru Pendidikan Agama Islam bekerja sama dengan seluruh warga sekolah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Umum Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | skripsi 2811123093 Ghinanjar Akhmad Syamsudin |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 03:05 |
Last Modified: | 17 Jan 2017 03:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4626 |
Actions (login required)
View Item |