PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PENGETAHUAN INVESTASI, PEMAHAMAN RISIKO INVESTASI, DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK BERINVESTASI (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Manajemen Keuangan Syariah yang Tercatat di Galeri Investasi Syariah)

LUTHFIANA PUTRI ANGGRAINI, 126406202139 (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PENGETAHUAN INVESTASI, PEMAHAMAN RISIKO INVESTASI, DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK BERINVESTASI (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Manajemen Keuangan Syariah yang Tercatat di Galeri Investasi Syariah). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (818kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (60kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (990kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Literasi Keuangan, Pengetahuan Investasi, Pemahaman Risiko Investasi, dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berinvestasi (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Manajemen Keuangan Syariah Yang Tercatat di Galeri Investasi Syariah)” ini ditulis oleh Luthfiana Putri Anggraini NIM. 126406202139 dengan dosen pembimbing Faizal Satria Desitama, S.S.T., M.Acc. Penelitian ini didasari oleh rendahnya tingkat literasi keuangan di sektor pasar modal yang menyebabkan kesulitan dalam pengelolaan keuangan pribadi, terutama dalam jangka panjang. Kurangnya pemahaman tentang konsep keuangan, seperti investasi, tabungan, dan pengelolaan utang telah menghambat masyarakat dalam mengambil langkah-langkah yang tepat untuk meningkatkan kesejahteraan finansial mereka. Hal ini tercermin dalam minimnya minat mereka untuk terlibat dalam kegiatan investasi, yang pada akhirnya dapat menghambat pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Literasi Keuangan, Pengetahuan Investasi, Pemahaman Risiko Investasi, Dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berinvestasi (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Manajemen Keuangan Syariah Yang Tercatat di Galeri Investasi Syariah) baik secara parsial maupun secara simultan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan literasi evaluasi dalam meningkatkan minat investasi di kalangan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dimana sumber data bersifat primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner secara langsung kepada responden yakni mahasiswa prodi manajemen keuangan syariah yang tercatat di galeri investasi syariah. Dimana teknik pengumpulan data menggunakan skala likert. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heterokedastisitas, uji regresi linear berganda, uji hipotesis, dan uji determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa untuk berinvestasi (2) pengetahuan investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa untuk berinvestasi (3) pemahaman risiko investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa untuk berinvestasi (4) motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa untuk berinvestasi (5) literasi keuangan, pengetahuan investasi, pemahaman risiko investasi, dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa untuk berinvestasi.Kata Kunci : Literasi Keuangan, Pengetahuan Investasi, Pemahaman Risiko Investasi, Motivasi, Minat Investasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Investasi
Ekonomi > Kinerja Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: 126406202139 LUTHFIANA PUTRI ANGGRAINI
Date Deposited: 13 Jun 2024 03:46
Last Modified: 13 Jun 2024 03:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46800

Actions (login required)

View Item View Item