TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PERBEDAAN UPAH ANTARA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN (Studi Kasus pada Tukang Kebun Bonsai Desa Tapan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung)

LEO DWI PRADANA, 126101203208 (2024) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PERBEDAAN UPAH ANTARA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN (Studi Kasus pada Tukang Kebun Bonsai Desa Tapan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (141kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Leo Dwi Pradana, 126101203208, Tinjauan Hukum Islam tentang Perbedaan Upah antara Laki-Laki dan Perempuan (Studi Kasus pada Tukang Kebun Bonsai Desa Tapan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung), Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Jurusan Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Ashima Faidati, S.H.I., M.Sy. Kata Kunci: Hukum Islam, Perbedaan, Upah, Tukang Kebun Bonsai Penelitian ini berlatar belakang adanya masyarakat Desa Tapan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung yang berkerja sebagai tukang kebun bonsai. Dimana terdapat besaran upah yang didapat tukang kebun laki-laki lebih besar dibandingkan dengan tukang kebun perempuan, walaupun jenis, beban dan waktu kerja yang sama. Fokus penelitian tentang perbedaan upah antara laki-laki dan perempuan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana praktik kesenjangan upah bagi tukang kebun bonsai laki-laki dan perempuan di Desa Tapan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung? 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam tentang kesenjangan tukang kebun laki-laki dan perempuan terhadap sistem penetapan upah di Desa Tapan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui praktik kesenjangan upah bagi tukang kebun bonsai laki-laki dan perempuan di Desa Tapan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. 2) Untuk mengetahui tinjauan hukum Islam tentang kesenjangan tukang kebun laki-laki dan perempuan terhadap sistem penetapan upah di Desa Tapan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan penelitian adalah metode kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara (interview), dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui proses data collecting, data editing, data reducting, data verifikasi dan data konklusi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) Praktik kesenjangan upah yang terjadi di Desa Tapan didasari atas besaran tenaga dan kecepatan bekerja yang dimiliki tukang kebun laki-laki lebih gesit dibandingkan dengan tukang kebun perempuan. Laki-laki lebih dibebankan kewajiban untuk mencari nafkah keluarga. 2) Tinjauan hukum Islam terkait kesenjangan upah yang terjadi di Desa Tapan diperbolehkan apabila mu’ajir melakukan pengupahan atas dasar tenaga dan kecepatan kerja tukang kebun bonsai laki-laki lebih cekatan dan gesit dibandingkan dengan tukang kebun perempuan, dan kewajiban memberikan nafkah keluarga adalah laki-laki. Namun, bentuk kesenjangan upah yang tidak diperbolehkan dalam hukum Islam, apabila mu’ajir melakukan pengupahan atas dasar kebiasaan masyarakat atau adat istiadat (urf) tanpa memandang jenis, beban dan waktu kerja antara antara tukang kebun laki-laki dan perempuan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 126101203208 LEO DWI PRADANA
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:17
Last Modified: 25 Jul 2024 04:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46825

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item