LILIK ZUBAIDATUL MUQOWWIYAH, 12212193022 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI ASAM BASA KELAS XI SMA/MA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (608kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (228kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (137kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (261kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (795kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (224kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Learning Cycle 7E Pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA/MA” ini ditulis oleh Lilik Zubaidatul Muqowwiyah, NIM 12212193022, pembimbing Ifah Silfiana, M.Pd. Kata Kunci : E-Modul, Learning Cycle 7E, Asam Basa Tuntutan pembelajaran di era 4.0 yaitu guru dan peserta didik bersama membangun pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan memanfaatkan teknologi secara optimal. Salah satu permasalahan dalam proses pembelajaran yaitu kurangnya bahan ajar yang memadai serta proses pembelajaran lebih cenderung berpusat kepada guru. Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan membuat bahan ajar menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi. Model pembelajaran yang dapat diterapkan pada mata pelajaran kimia adalah model pembelajaran Learning Cycle 7E. Pada proses pembelajaran menggunakan Learning Cycle 7E ini, peserta didik akan bekerjasama dengan kelompok teman sehingga siswa dapat saling membantu memecahkan masalah, serta menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan konsep yang telah ditemukan. Oleh karena itu, e-modul interaktif bebabsis Learning Cycle 7E pada materi asam basa dapat dijadikan sebagai bahan ajar yang praktis. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menjelaskan proses pengembangkan produk dan E-Modul interaktif berbasis Learning Cycle 7E pada materi Asam Basa Kelas XI. (2) Untuk mendeskripsikan kelayakan pengembangan produk E-Modul interaktif berbasis Learning Cycle 7E pada Materi Asam Basa Kelas XI. (3) Untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap E-Modul Interaktif berbasis Learning Cycle 7E pada materi Asam Basa Kelas XI SMA/MA. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Research and Development (R&D). Model penelitian yang digunakan yaitu model 4D yang dikembangkan oleh Triagarajan. Model 4D memiliki 4 tahapan. Namun, pada penelitian ini hanya terbatas pada tahap develop dikarenakan keterbatasan waktu penelitian. Subjek dari penelitian ini terbatas dilakukan tarhadap 30 peserta didik di kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Berbek Nganjuk. Instrument yang digunakan berupa pedoman wawancara untuk menganalisis kebutuhan pengembangan, lembar validasi guna menguji kelayakan produk, serta angket peserta didik, untuk validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media yaitu 1 dosen kimia dan 1 guru kimia SMAN 1 Berbek Nganjuk. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif skala likert. Hasil dari penelitian ini berupa (1) E-Modul interaktif berbasis Learning Cycle 7E pada materi asam basa yang dikembangkan dengan menggunakan aplikasi canva dan heyzine flipbook. (2) Kelayakan e-modul pada aspek materi mendapatkan persentase 96% dan aspek media mendapat persentase 97%. (3) Respon peserta didik terhadap e-modul mendapat kriteria baik dengan persentase rata-rata sebesar 79%. Dengan demikian media bahan ajar layak digunakan dalam proses pembelajaran dikelas.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > E-Learning Kimia Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 12212193022 LILIK ZUBAIDATUL MUQOWWIYAH |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 03:41 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 03:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46854 |
Actions (login required)
View Item |