M. AFIFUDIN MUBAROK, 12307193042 (2023) PERAN KH. GHOZALI DALAM PENGEMBANGAN ISLAM DI DESA PUNJUL KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN 1930-1979. [ Skripsi ]
Text
PERAN KH. GHOZALI DALAM PENGEMBANGAN ISLAM DI DESA PUNJUL KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN 1930-1979.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai peran KH. Ghozali dalam pengembangan Islam di desa Punjul Karangrejo Kabupaten Tulungagung pada tahun 1930-1979. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang meliputi heuristik (pengumpulan data), verifikasi (kritik sumber), interpretasi (penafsiran), dan historiografi (penulisan sejarah). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dinamika pengembangan Islam yang dilakukan oleh Kh. Ghozali di desa Punjul Karangrejo Tulungagung. Hasil penelitian ini menuliskan bahwa KH. Al- Ghozali lahir sekitar tahun 1889 yang masih mempunyai silsilah langsung ke Kerajaan Mataram Islam. Perannya dalam pengembangan Islam di desa Punjul Karangrejo Tulungagung sangatlah penting terlebih lagi KH. Ghozali juga membawa paham Nahdlatul Ulama yang berfokus pada tarekat syadziliyah. KH. Ghozali merupakan sosok yang mengembangkan Islam melalui sektor pendidikan yaitu di Pondok Pesantren Al- Ghozali Bolu. KH.Ghozali juga membangun basis sentral dakwah dan spiritual berupa Masjid Bolu. Perjuangan KH. Ghozali dalam mengenalkan Islam di kalangan masyarakat direspon baik terlebih metode penyampaian Islam bil hikmah mencakup metode ceramah, bil hal, dan bil qalam. Metode ini berfokus pada bagaimana agama Islam lebih kepada implementasi dalam sehari- hari untuk memudahkan ajaran Islam dapat terus berkembang. Kata Kunci: Desa Punjul, KH. Ghozali, Perkembangan Islam.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Sejarah Peradaban Islam Ulama |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Sejarah Peradaban Islam |
Depositing User: | 12307193042 M. AFIFUDIN MUBAROK |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 04:55 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 04:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46873 |
Actions (login required)
View Item |