PENGARUH TINGKAT INFLASI, TINGKAT SUKU BUNGA, DAN JUMLAH UANG BEREDAR TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Kasus PT. Bank Central Asia Tbk Periode 2019-2022)

TRIANI ISMAWATI, 126406202198 (2024) PENGARUH TINGKAT INFLASI, TINGKAT SUKU BUNGA, DAN JUMLAH UANG BEREDAR TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Kasus PT. Bank Central Asia Tbk Periode 2019-2022). [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Tingkat Inflasi Tingkat Suku Bunga, dan Jumlah Uang Beredar terhadap Harga Saham” (Studi Kasus PT. Bank Central Asia Tbk Periode 2019-2022) ini ditulis oleh Triani Ismawati, NIM. 126406202198, pembimbing Nadia Roosmalita Sari, S.Pd., M.Kom. Harga Saham harga yang ditetapkan kepada suatu perusahaan bagi pihak lain yang ingin memiliki hak kepemilikan saham. Nilai saham selalu berubah ubah setiap waktu. Besaran nilai saham dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran yang terjadi antara penjual dan pembeli saham. Harga saham juga diartikan sebagai harga yang terjadi dipasar bursa pada saat tertentu oleh pelaku pasar dan ditentukan oleh permintaan dan penawaran saham yang bersangkutan dipasar modal. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui secara simultan pengaruh dari tingkat inflasi, tingkat suku bunga dan jumlah uang beredar terhadap harga saham pada PT Bank Central Asia Tbk; (2) Untuk mengetahui pengaruh tingkat Inflasi terhadap harga saham pada PT Bank Central Asia Tbk; (3) Untuk mengetahui pengaruh tingkat suku bunga terhadap harga saham pada PT Bank Central Asia Tbk; (4) Untuk mengetahui pengaruh jumlah uang beredar terhadap harga saham pada PT Bank Central Asia Tbk. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Purposive Sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 48 yaitu berupa data Bulanan dari laporan keuangan PT. Bank Central Asia tbk, data tingkat inflasi, data tingkat suku bunga, dan data jumlah uang beredar. Tahap selanjutnya, data diolah pada excel sesuai rumus variabel yang digunakan. Selanjutnya data diolah pada aplikasi SPSS. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel tingkat inflasi dan tingkat suku bunga tidak berpengaruh terhadap harga saham sedangkan variabel jumlah uang beredar berpengaruh terhadap harga saham. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel tingkat inflasi, tingkat suku bunga dam jumlah uang beredar berpengaruh positif secara simultan terhadap harga saham. Angka Adjusted R Square sebesar 22% maka harga saham bisa dijelaskan oleh ketiga variabel independen yang digunakan. Sedangkan sisanya 78% dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Kata kunci : Tingkat Inflasi, Tingkat Suku Bunga, Jumlah Uang Beredar, dan Harga Saham.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bunga Bank
Ekonomi > Harga
Ekonomi > Saham
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: 126406202198 TRIANI ISMAWATI
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:28
Last Modified: 12 Jun 2024 07:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47061

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item