PERSELISIHAN PENENTUAN HARI PERNIKAHAN ANTARA PUJANGGA DAN PEGAWAI PENCATAT NIKAH (Studi Kasus Di KUA Kecamatan Doko Kabupaten Blitar)

RISWANTO, 126102201059 (2024) PERSELISIHAN PENENTUAN HARI PERNIKAHAN ANTARA PUJANGGA DAN PEGAWAI PENCATAT NIKAH (Studi Kasus Di KUA Kecamatan Doko Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (695kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Riswanto, 126202100559. “Perselisihan Penentuan Hari Pernikahan Antara Pujangga dan Pegawai Pencatat Nikah (Studi Kasus di Kua Kecamatan Doko Kabupaten Blitar)” Program Studi Hukum Keluarga Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024; H. Asmawi Mahfudz, M.Ag. Kata Kunci: Perselisihan, Pernikahan, Pujangga, Pegawai Pencatat Nikah, Solusi Perbedaan pendapat antara pujangga dan petugas pencatatan perkawinan di Kantor Urusan Agama Kabupaten Doko Blitar mengenai hari terbaik untuk menikah menjadi pendorong penelitian ini. Fenomena ini menggambarkan perbedaan cara pandang antara hukum administrasi dan unsur budaya. Saat memilih tanggal pernikahan, pujangga biasanya mempertimbangkan tradisi dan keyakinan agama, sedangkan staf Kantor Urusan Agama mengutamakan persyaratan hukum dan rincian administrasi. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perselisihan penentuan hari pernikahan antara pujangga dan pegawai pencatat nikah Kantor Urusan Agama di Kecamatan Doko Blitar ? 2) Bagaimana penyelesaian perselisihan antara pujangga dan pegawai pencatat nikah ? 3) Bagaimana perselisihan penentuan hari pernikahan ditinjau dari sosiologi hukum ? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perselisihan yang terjadi antara pujangga (Dukun Pernikahan) dan pegawai pencatat nikah yang ada di Kantor Urusan Agama Kecamatan Doko 2) Menganalis penyelesaian perselisihan antara pujangga dan pegawai pencatat nikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Doko. 3) Menganalisis perselisihan penentuan hari pernikahan ditinjau dari sosiologi hukum Jenis penelitian ini menggunakan teknik kualitatif dalam penelitian lapangan. Temuan wawancara dengan staf tata usaha, penyuluh fungsional, dan kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Doko Kabupaten Blitar dijadikan sebagai sumber data utama penelitian. Dalam penelitian ini, dokumentasi, wawancara, dan observasi merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Selain itu, penyajian data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan merupakan metode analisis data yang digunakan. Metode member check dan triangulasi sumber digunakan untuk memverifikasi kebenaran data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konflik aspek agama, adat, dan hukum yang harus diperhatikan dalam menentukan tanggal pernikahan terjadi antara pujangga dengan petugas pernikahan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Doko Blitar. 2) Komunikasi terbuka, mediasi, dan resolusi konflik digunakan untuk menyelesaikan insiden. Tindakan yang dilakukan antara lain mendengarkan pendapat kedua belah pihak, mencapai kesepakatan bersama, bahkan melontarkan ide-ide baru, termasuk merekomendasikan pernikahan di KUA kecamatan lain melalui surat rekomendasi. 3) Penurunan ini menunjukkan adanya kontradiksi antara ketentuan hukum yang berlaku, keyakinan spiritual, dan norma adat, menurut pendekatan hukum sosiologis. Agar peringatan dapat terselesaikan, hormati adat istiadat dan kepercayaan masing-masing pihak, sambil memastikan aturan dipatuhi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 126102201059 RISWANTO
Date Deposited: 14 Jun 2024 06:23
Last Modified: 14 Jun 2024 06:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47145

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item