PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI STATISTIKA KELAS VIII MTs MA’ARIF BAKUNG UDANAWU

NUR AINI PUTRI SETIAWAN, 126204201041 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI STATISTIKA KELAS VIII MTs MA’ARIF BAKUNG UDANAWU. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Komunikasi Matematis dan Hasil Belajar Siswa kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu” ini ditulis oleh Nur Aini Putri Setiawan, NIM. 126204201041, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dosen pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Komunikasi Matematis, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh kurang variasi dalam proses pembelajaran di kelas dan pembelajaran berpusat pada guru yang terkesan monoton yang membuat siswa merasa bosan dan kurang bersemangat. Keberhasilan belajar dapat tercapai dengan baik apabila guru mampu menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Salah satu alternatif yang dapat membantu yaitu menggunakan model pembelajaran yang inovatif, yaitu model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Dimana, model ini melibatkan siswa untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam dunia nyata (kegiatan sehari-hari) dan siswa dituntut untuk berperan aktif dan mandiri dalam menggali informasi serta pemahaman mereka melalui diskusi ataupun belajar secara individu. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. 2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa 3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan desain penelitian Quasy Eksperimental Drsign berupa Posttest-Only Control Design. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah 2 kelas yaitu siswa kelas VIII-H sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 siswa dan kelas VIII-I sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan mengunakan uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu. 2) Adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu. 3) Adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Ma’arif Bakung Udanawu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Statistika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201041 NURAINI PUTRI SETIAWAN
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:24
Last Modified: 26 Jun 2024 02:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47522

Actions (login required)

View Item View Item