PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMK SORE TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2023/2024

WIWIT WIJAYANTI, 126204201020 (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMK SORE TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2023/2024. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (910kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
BAB VI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas XI SMK SORE Tulungagung Tahun Ajaran 2023/2024” ditulis oleh Wiwit Wijayanti, NIM. 126204201020, pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M. Kes., Ph. D. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Penalaran Matematis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran matematis peserta didik. Kemampuan penalaran matematis merupakan kemampuan berpikir dalam menarik suatu kesimpulan berdasarkan fakta dan konsep. Penggunaan model pembelajaran konvensional menjadikan peserta didik pasif sehingga peserta didik cenderung lambat untuk memahami materi yang sedang dipelajari khususnya pelajaran matematika yang dianggap sulit oleh sebagian peserta didik. Untuk itu, diperlukan model pembelajaran yang sesuai untuk mengembangkan penalaran matematis peserta didik. Dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri, peserta didik dapat lebih mudah dalam memahami materi karena dituntut untuk dapat menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Tujuan penelitian ini, yaitu (1) Mengetahui ada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan penalaran peserta didik kelas XI SMK SORE Tulunggung tahun ajaran 2023/2024 dan (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan penalaran peserta didik kelas XI SMK SORE Tulunggung tahun ajaran 2023/2024. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu dan desainnya adalah posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK SORE Tulungagung yang berjumlah 627 peserta didik. Sampel penelitian diambil menggunakan purposive sampling dengan 22 peserta didik kelas XI TKR 2 sebagai kelas ekperimen dan 22 peserta didik kelas XI TKR 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Kemudian, data dianalisis menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan penalaran peserta didik kelas XI SMK SORE Tulungagung tahun ajaran 2023/2024 dan (2) Model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas XI SMK SORE Tulungagung tahun ajaran 2023/2024 sebesar 0,64 dengan presentase 73% yang berarti tergolong sedang

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201020 WIWIT WIJAYANTI
Date Deposited: 03 Jul 2024 04:08
Last Modified: 03 Jul 2024 04:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47841

Actions (login required)

View Item View Item