PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM BIOTEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS IX DI SMPN 1 KALIDAWIR

NUR ASYKIN, 126208201010 (2024) PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM BIOTEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS IX DI SMPN 1 KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (464kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (623kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (588kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (638kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi berjudul “Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Bioteknologi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IX di SMPN 1 Kalidawir” ini ditulis oleh Nur Asykin, NIM 126208201010, dosen pembimbing Haslinda Yasti Agustin, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Bioteknologi, Buku Petunjuk Praktikum, Keterampilan Proses Sains Kegiatan praktikum merupakan salah satu bagian dari proses pembelajaran IPA yang membutuhkan bahan ajar berupa buku petunjuk praktikum yang spesifik sesuai dengan materi pembelajaran. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains siswa terlihat dari aktivitas mengamati, mengklasifikasikan, menafsirkan, meramalkan, mengajukan pertanyaan, merumuskan hipotesis, merencanakan percobaan, menggunakan alat dan bahan, menerapkan konsep, dan berkomunikasi. Oleh karena itu, sangat diperlukan pengembangan bahan ajar pelengkap berupa buku petunjuk praktikum bagi siswa untuk melaksanakan kegiatan praktikum. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan hasil pengembangan produk buku petunjuk praktikum Bioteknologi kelas IX di SMPN 1 Kalidawir. (2) Mendeskripsikan hasil kevalidan buku petunjuk praktikum Bioteknologi kelas IX di SMPN 1 Kalidawir. (3) Mendeskripsikan hasil kepraktisan buku petunjuk praktikum Bioteknologi kelas IX di SMPN 1 Kalidawir. (4) Menganalisis hasil keefektivan buku petunjuk praktikum Bioteknologi untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas IX di SMPN 1 Kalidawir. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IX SMPN 1 Kalidawir. Pada penelitian ini implementasi produk dilakukan menggunakan metode eksperimen Quasi Eksperimental Design, dengan bentuk desainnya yaitu Non-equivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara, angket, dan observasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Hasil pengembangan buku petunjuk praktikum Bioteknologi terdiri dari komponen-komponen yang tersusun di dalamnya seperti, cover depan, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, tata tertib pratikum, format dan aturan penulisan laporan praktikum, prosedur penggunaan buku petunjuk praktikum, kompetensi yang akan dicapai, topik praktikum bioteknologi konvensional (meliputi praktikum 1 pembuatan tapai ketan putih, praktikum 2 pembuatan yoghurt, praktikum 3 pembuatan tempe) dan topik praktikum bioteknologi modern (meliputi praktikum pembuatan isolasi DNA pada buah), profil penulis serta cover belakang. (2) Hasil kevalidan produk buku petunjuk praktikum, validasi ahli materi mendapatkan nilai sebesar 98,4% yang termasuk kategori sangat layak, validasi ahli media mendapatkan nilai sebesar 83,75% yang termasuk kategori sangat layak, dan validasi praktisi mendapatkan nilai sebesar 96,92% yang termasuk kategori sangat layak. (3) Hasil kepraktisan xx produk buku petunjuk praktikum, pada hasil uji respon siswa mendapatkan nilai sebesar 87,61% yang termasuk kategori sangat praktis. (4) Hasil keefektivan buku petunjuk praktikum diukur melalui hasil lembar observasi yang menunjukkan hasil nilai observasi, rata-rata perbandingan nilai kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol yaitu 68.37 > 51.37. Hasil analisis melalui IBM SPSS 26 dengan menggunakan uji Independent sample T-test diperoleh nilai signifikasi (2-tailed) yaitu 0,000 (<0,05) yang artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan buku petunjuk praktikum Bioteknologi terhadap keterampilan proses sains siswa kelas IX di SMPN 1 Kalidawir.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208201010 NUR ASYKIN
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:40
Last Modified: 08 Jul 2024 02:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48143

Actions (login required)

View Item View Item