UPAYA PERLINDUNGAN ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DARI PELAKU LESBIAN, GAY, BISEKSUAL, TRANSGENDER DALAM PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus Lembaga Perlindungan Anak di Tulungagung)

SHOFIATUL ULUL AZMI, 126102201086 (2024) UPAYA PERLINDUNGAN ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DARI PELAKU LESBIAN, GAY, BISEKSUAL, TRANSGENDER DALAM PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus Lembaga Perlindungan Anak di Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

SHOFIATUL ULUL AZMI, 126102201086, Upaya Perlindungan Anak Korban Kekerasan Seksual Dari Pelaku Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender Dalam Perspektif Hukum Positif Dan Hukum Islam (Studi Kasus Lembaga Perlindungan Anak Di Tulungagung), Program Studi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah, Tulungagung, 2024, Pembimbing: Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag.,M.H.I. Kata Kunci : Perlindungan Anak, Anak Korban Kekerasan Seksual, LGBT, Hukum Positif, Hukum Islam. Kasus kekerasan seksual di Tulungagung dimana pelaku merupakan anggota dari LGBT dan korban merupakan anak sekolah dasar. Mengingat anak merupakan aset yang berharga untuk masa depan bangsa maka perlindungan terhadap anak harus dilakukan sebagai upaya untuk melindungi tumbuh kembang dan kesejahteraan anak. Upaya perlindungan diberikan oleh pihak Lembaga Perlindungan Anak di Kabupaten Tulungagung. Fokus penelitian peneliti dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana upaya LPA Tulungagung dalam memberikan perlindungan anak korban kekerasan seksual oleh pelaku LGBT? (2) Bagaimana upaya LPA Tulungagung dalam memberikan perlindungan anak korban kekerasan seksual oleh pelaku LGBT dalam perspektif hukum positif? (3) Bagaimana upaya LPA Tulungagung dalam memberikan perlindungan anak korban kekerasan seksual oleh pelaku LGBT dalam perspektif hukum Islam? Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan/ verifikasi kesimpulan, serta teknik pengecekan keabsahan data dengan melakukan triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Upaya perlindungan anak korban kekerasan seksual pelaku LGBT dilakukan oleh pihak LPA Kabupaten Tulungagung, memberikan perlindungan keselamatan, kesehatan, psikologis anak, pendidikan anak korban kekerasan seksual. (2) Perlindungan anak menurut hukum positif diatur dalam Undang-Undang No 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang No 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak dan Undang-Undang No 4 Tahun 1979 Tentang Kesejahteraan Anak, pada prakteknya upaya perlindungan yang dilakukan LPA di Kabupaten Tulungagung sesuai dengan undang-undang tersebut. (3) Perlindungan terhadap anak korban kekerasan seksual oleh pelaku LGBT telah sesuai dengan perspektif hukum Islam karena, LPA menjaga kesejahteraan anak yang dapat dijadikan bekal untuk masa depan anak, Perlindungan yang dilakukan oleh LPA Kabupaten Tulungagung sesuai dengan misi utama dalam ajaran Islam yaitu rahmatan lil ‘alamin, karena menjaga keselamatan dan kesejahteraan anak selaku korban kekerasan seksual.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 126102201086 SHOFIATUL ULUL AZMI
Date Deposited: 11 Jul 2024 05:02
Last Modified: 11 Jul 2024 05:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48376

Actions (login required)

View Item View Item