MUHAMMAD EZIF DZAKY, 126211202060 (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA KELAS 11 MAN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
Cover (1).pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (680kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (608kB) | Preview |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (922kB) |
||
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (766kB) |
||
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
||
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
||
Text
Bab VI.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (139kB) |
||
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimen terhadap Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Kelas 11 Man 2 Blitar”, Ini ditulis oleh Muhammad Ezif Dzaky NIM. 126211202060, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing M. Luqman Hakim Abbas, S. Si., M. Pd. Kata Kunci: Metode Eksperimen, Pemahaman Konsep, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang kondusifnya suasana kelas menjadikan siswa kurang memahami dalam belajar, pembelajaran hanya terjadi satu arah yang hanya berfokus pada guru (teacher centered) sehingga berdampak pada pemahaman dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, dibutuhkan metode pembelajaran sehingga dapat membantu siswa menjadi lebih mudah dalam menerima pelajaran. Salah satunya menggunakan metode pembelajaran eksperimen yang diharapkan peserta didik mampu aktif dalam pmbelajaran serta mencapai hasil belajar di atas- rata-rata. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran eksperimen terhadap pemahaman konsep siswa pada materi fluida kelas XI di MAN 2 Blitar. (2) mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida kelas XI di MAN 2 Blitar. (3) mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran eksperimen terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada materi fluida kelas XI di MAN 2 Blitar. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan desain post test only. Adapun populasi dalam penelitian ini seluruh kelas XI dengan jumlah 403 siswa dengan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI A berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol dan XI B berjumlah 35 sebagai kelas eksperimen. Hasil dalam penelitian ini didapatkan adanya (1) Ada pengaruh metode pembelajaran eksperimen terhadap pemahaman konsep siswa pada materi fluida kelas XI di MAN 2 Blitar. Berdasarkan hasil perhitungan nilai Sig. (2-tailed) 0,000, sehingga jika nilai sig. < 0,05, maka Ha diterima. (2) Ada pengaruh metode pembelajaran eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida kelas XI di MAN 2 Blitar. Berdasarkan hasil perhitungan nilai Sig. (2-tailed) 0,001, sehingga jika nilai sig. < 0,05, maka Ha diterima. (3) Ada pengaruh metode pembelajaran eksperimen terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada materi fluida kelas XI di MAN 2 Blitar. Berdasarkan perhitungan nilai dengan uji MANOVA didapatkan pada tabel Multivariate Test. Sehingga dapat diketahui bahwa F untuk Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root memiliki nilai Sig. 0,000 < 0,05. Artinya, nilai F untuk Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root semuanya signifikan, maka Ha.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 126211202060 MUHAMMAD EZIF DZAKY |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 07:03 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 03:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48547 |
Actions (login required)
View Item |