DAMPAK HIPERSEKSUAL ISTRI TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI KELUARGA ISLAM (Studi Kasus Di Desa Ketanon Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung)

NATASA CITRA APRILIA, 126102202241 (2024) DAMPAK HIPERSEKSUAL ISTRI TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI KELUARGA ISLAM (Studi Kasus Di Desa Ketanon Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (810kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Natasa Citra Aprilia, 126102202241, Dampak Hiperseksual Istri Terhadap Keharmonisan Keluarga Dalam Perspektif Psikologi Keluarga Islam, Skripsi, Jurusan Hukum Keluarga Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing Muksin, M.H. Kata Kunci: Dampak Hiperseksual, Keharmonisan Keluarga, Psikologi Keluarga Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi mengenai keluarga yang tidak harmonis. Banyak hal yang bisa membuat rumah tangga tidak harmonis, salah satunya dengan adanya hiperseksual. Karena hiperseksual merupakan kelainan psikologis yang tentu dapat terjadi dengan penyebab yang berbeda-beda. Dan hiperseksual ini juga sangat berpengaruh terhadap keharmonisan keluarga Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain: 1) Bagaimana problem keluarga yang dihadapi pasangan yang mengalami hiperseksual? 2) Bagaimana dampak hiperseksual istri terhadap keharmonisan keluarga dalam perspektif psikologi keluarga Islam?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui problem keluarga yang dihadapi pasangan yang mengalami hiperseksual di Desa Ketanon Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung, 2) Untuk mengetahui dampak hiperseksual istri terhadap keharmonisan keluarga dalam perspektif psikologi keluarga Islam. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti untuk penelitian ini adalah dengan cara wawancara dan dokumentasi. Untuk memahami lebih mendalam terkait hiperseksual istri terhadap keharmonisan keluarga di Desa Ketanon Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung serta penjelasan dari psikolog. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa: 1) Problem yang sering dialami keluarga akibat hiperseksual istri di Desa Ketanon Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung, sangat kompleks dan beragam, melibatkan aspek emosional, psikologis, dan sosial. Kemudian konflik, ketidakpercayaan, penurunan kualitas komunikasi, dan masalah kesehatan mental adalah beberapa dari banyak tantangan yang harus dihadapi. Menyadari dan memahami problem ini adalah langkah pertama dalam mencari solusi yang efektif untuk mempertahankan keharmonisan dan kesejahteraan keluarga. 2) Hiperseksual pada istri dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap keharmonisan keluarga dalam perspektif psikologi keluarga Islam di Desa Ketanon Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Masalah-masalah seperti ketidakseimbangan kebutuhan seksual, konflik, ketidakpercayaan, stres, dan pengaruh negatif pada anak-anak dapat mengganggu stabilitas dan keharmonisan rumah tangga. Oleh karena itu, penting bagi pasangan untuk mencari bantuan profesional dan dukungan agama dalam mengatasi masalah ini, serta berusaha untuk menjaga komunikasi yang baik dan saling pengertian sesuai dengan ajaran Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi > Psikologi klinis
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 126102202241 NATASA CITRA APRILIA
Date Deposited: 20 Jul 2024 13:34
Last Modified: 20 Jul 2024 13:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48595

Actions (login required)

View Item View Item