KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA DALAM PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS X SMK AINUL YAQIN NGANJUK

KHOIROTUN NISA, 17204163165 (2022) KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA DALAM PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS X SMK AINUL YAQIN NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (734kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (474kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (232kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (423kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Khoirotun Nisa, 17204163165, 2022. Skripsi dengan judul “Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Penyelesaian Masalah Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas X SMK Ainul Yaqin Nganjuk”. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Beni Asyhar S. Si., M. Pd. Kata Kunci : Metakognisi, Penyelesaian Masalah, SPLDV Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika masih cukup rendah dalam melibatkan kemampuan metakognisi yang dimiliki. Kemampuan metakognisi adalah kemampuan siswa dalam memilih dan memutuskan langkah mana yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang diberikan. Siswa juga harus mampu menjelaskan alasan mengapa memilih langkah tersebut serta mampu menjelaskan kesulitan-kesulitan yang dirasakan selama menyelesaikan masalah yang diberikan. Kemampuan metakognisi dapat diukur dengan kemampuan perencanaan, pemantauan, dan penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan kemampuan metakognisi siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan SPLDV. 2) Mendeskripsikan kemampuan metakognisi siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan masalah SPLDV. 3) Mendeskripsikan kemampuan metakognisi siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah SPLDV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di SMK Ainul Yaqin Nganjuk. Sumber data adalah siswa kelas X SMK Ainul Yaqin, kemudian dipilih 3 siswa untuk dijadikan subjek penelitian, yaitu 1 siswa untuk masing-masing tingkatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dan ketekunan atau keajegan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Siswa SMK Ainul Yaqin kelas X yang berkemampuan tinggi telah memenuhi tahapan perencanaan, pemantauan, dan evaluasi pada tahapan kemampuan metakognisi dalam menyelesaikan masalah SPLDV. 2) Siswa SMK Ainul Yaqin Nganjuk kelas X yang berkemampuan sedang telah memenuhi tahapan perencanaan, pemantauan, dan evaluasi pada tahapan kemampuan metakognisi dalam menyelesaikan masalah SPLDV. 3) Siswa SMK Ainul Yaqin kelas X yang berkemampuan rendah tidak memenuhi tahapan perencanaan, pemantauan, dan evaluasi pada tahapan kemampuan metakognisi dalam menyelesaikan masalah SPLDV.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Linear
Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 17204163165 KHOIROTUN NISA
Date Deposited: 18 Jul 2024 03:02
Last Modified: 18 Jul 2024 03:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48704

Actions (login required)

View Item View Item