PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

INDAH CHOIRUNNI'MAH, 126204202094 (2024) PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (870kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Indah Choirunni’mah, NIM. 126204202094, Pembimbing Dr. Miswanto M.Pd. Kata Kunci: Kecerdasan Logis Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar matematika. Salah satunya faktor yang berasal dari dalam diri siswa salah yaitu, tingkat kecerdasan yang dimiliki. Howard Gardner berpendapat bahwa kecerdasan logis matematis merupakan kemampuan seseorang dalam berpikir secara induktif dan deduktif, berpikir menurut aturan logika, memahami dan menganalisis pola angka-angka, dan memecahkan masalah dengan kemampuan berpikir.. Dengan demikian kecerdasan logis matematis memiliki kaitan erat dengan pemecahan suatu masalah matematika.Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. 2) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. 3) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kela VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII K dengan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear sederhana untuk hipotesis 1 dan 2, sedangkan untuk hipotesis 3 menggunakan uji Manova. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh yang signifikan kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung, dengan nilai signifikasinya 0,000<0,05. 2) Ada pengruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung, dengan nilai signifikasi 0,000<0,05. 3) Ada pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan hasil pada kolom intercept nilai signifikansi Pillai’s Trace, Wilks’ Lamda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root sebesarnya <0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202094 INDAH CHOIRUNNI'MAH
Date Deposited: 18 Jul 2024 03:13
Last Modified: 18 Jul 2024 03:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48714

Actions (login required)

View Item View Item