PERILAKU KONSUMSI PRIA FEMINIM DI KOTA TULUNGAGUNG DALAM PRESPEKTIF TEORI KONSUMSI JEAN BAUDRIALLARD

SEFIRA OKTAVIANA, 126309201042 (2024) PERILAKU KONSUMSI PRIA FEMINIM DI KOTA TULUNGAGUNG DALAM PRESPEKTIF TEORI KONSUMSI JEAN BAUDRIALLARD. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
PERILAKU KONSUMSI PRIA FEMINIM DI KOTA TULUNGAGUNG DALAM PRESPEKTIF TEORI KONSUMSI JEAN BAUDRIALLARD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini secara khusus membahas bagaimana perilaku konsumsi pria feminim di Kota Tulungagung, dan bagaimana Jean Baudriallard dalam masyarakat konsumsi menganalisa perilaku konsumsi pria feminim di Kota Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dimana peneliti berusaha mendeskripsikan suatu kejadian secara mendalam dan terperinci, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini adalah laki-laki yang bergaya feminim di Kota Tulungagung. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan beberapa cara yakni melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, perilaku konsumsi pria feminim ini didasari atas keinginan mereka sendiri untuk tampil percaya diri,perilaku konsumsi tersebut meliputi penampilan yang berkonsep ootd, suka merawat diri, suka hangout, suka berbelanja. Perilaku tersebut dipengaruhi oleh gaya hidup yang terbentuk melalui kontruksi sosial meliputi faktor pertemanan, lingkungan maupun pekerjaan. Kedua, adapun perilaku konsumsi pria feminim di Kota Tulungagung dalam analisa masyarakat konsumsi Jean Baudriallad dijelaskan bahwa, perilaku konsumsi pria feminim tidak lagi didasari atas kebutuhan. Pembelian produk maupun jasa pria feminim di Kota Tulungagung tidak didasari kebutuhan, melainkan suatu keinginan. Penampilan dianggap oleh pria feminim sebagai alat komunikasi bukan hanya penutup maupun hiasan. Inilah sebabnya mengapa pria feminim di Kota Tulungagung tidak lagi belanja untuk memenuhi kebutuhan, melainkan untuk pemuasan keinginan mereka karena ingin di akui menjadi perempuan lewat konsumsi barang-barang tersebut. Kata Kunci: Konsumsi, Perilaku Konsumsi, Pria Feminim

Item Type: Skripsi
Subjects: Sosiologi Agama > Budaya
Sosiologi Pendidikan Islam
Sosiologi Agama > Tradisi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Sosiologi Agama
Depositing User: 126309201042 SEFIRA OKTAVIANA
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:32
Last Modified: 16 Jul 2024 08:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48727

Available Versions of this Item

  • PERILAKU KONSUMSI PRIA FEMINIM DI KOTA TULUNGAGUNG DALAM PRESPEKTIF TEORI KONSUMSI JEAN BAUDRIALLARD. (deposited 16 Jul 2024 08:32) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item