ANALISIS PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERILAKU SOSIAL REMAJA DI DESA KRANDEGAN KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN TRENGGALEK

BUDI SANTOSO, 126209202062 (2024) ANALISIS PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERILAKU SOSIAL REMAJA DI DESA KRANDEGAN KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Santoso, Budi. 2024. Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Remaja di Desa Krandegan Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dita Hendriani, M.A., NIP. 197912202014032001 Kata kunci : Gadget, Perilaku Sosial, Remaja. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang sangat pesat pada era digitalisasi seperti saat ini, salah satunya yaitu gadget yang pengguaanya sudah sangat lazim di gunakan di Desa Krandegan Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek terutama oleh para remaja. Berdasarkan penglihatan awal yang diperhatikan oleh peneliti pada Desa Krandegan Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek ini sudah banyak anak usia remaja yang menggunakan gadget dan juga mereka terlihat tidak bisa lepas dari gadget-nya masing-masing. Rumusan masalah dalam penelitian ini, antara lain: (1) Bagaimana perilaku sosial remaja akibat penggunaan gadget di Desa Krandegan Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek? (2) Bagaimana dampak penggunaan gadget terhadap remaja di Desa Krandegan Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek? Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perilaku sosial remaja akibat penggunaan gadget di Desa Krandegan Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. (2) Mengetahui dampak penggunaan gadget terhadap remaja di Desa Krandegan Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini mengggunakan pendekatan penelitian Kualitatif dan merupakan penelitian dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penggunaan penelitian kualitatif deskriptif ini dikarenakan peneliti membutuhkan fakta langsung mengenai apa yang sedang terjadi di lapangan. Data diperoleh dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa kondensasi data, penampilan data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Selain itu penelitian ini menggunakan perpanjangan pengamatan dan triangulasi guna melakukan pengecekan keabsahan data. Hasil dari penelitian ini yaitu penggunaan gadget diera digital saat ini memang sudah tidak dapat dihindari dengan berbagai macam inovasi terbaru dan kecanggihanya gadget merupakan teknologi yang harus bisa dimanfaatkan. Akan tetapi sebuah teknologi akan selalu memberikan dampak bagi penggunanya, penggunaan gadget ini berdampak pada perilaku sosial yang mereka tunjukan sehari-hari, terjadi beberapa perubahan perilaku sosial yang tampak, pada remaja awal (12-15 tahun) penggunaan game online, WhatsApp dan TikTok berdampak negatif pada partisipasi sosial dan kemampuan komunikasi, menyebabkan sikap pasif dan kurangnya empati. Pada remaja pertengahan (15-18 tahun) penggunaan WhatsApp dan menonton tutorial di YouTube mempengaruhi kemampuan bersosialisasi, namun juga dapat meningkatkan kreativitas dan inisiatif sosial. Sedangkan pada remaja akhir (18-21 tahun) akses ke TikTok, Instagram, dan konten negatif lainnya dapat mengubah norma sosial, menurunkan nilai-nilai sosial, dan mengurangi partisipasi dalam kegiatan sosial. Penggunaan gadget oleh remaja secara umum juga terdapat dampak positif dan negatifnya. Beberapa dampak positif yang dirasakan seperti mempermudah komunikasi, mempercepat penyebaran informasi, sebagai sarana hiburan, mempermudah proses belajar dan pembelajaran, memperluas jaringan pertemanan, untuk mencari pekerjaan, mempermudah dengan e-commerce. Sedangkan dampak negatifnya seperti intensitas interaksi berkurang, mengabaikan orang lain, membuat remaja bersikap lebih tertutup, lupa waktu, menunda-nunda pekerjaan dan lalai terhadap kewajiban, malas dalam belajar, malas dalam kegiatan sehari-hari, menurunya rasa kepedulian serta empati, berkurangnya tingkat partisipasi remaja terhadap kegiatan sosial, penyebaran berita hoax, berdampak pada segi kesehatan, berpengaruh kepada segi ekonomi keluarga dan rentan terhadap penipuan serta kejahatan siber.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209202062 BUDI SANTOSO
Date Deposited: 25 Jul 2024 08:41
Last Modified: 25 Jul 2024 08:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48837

Actions (login required)

View Item View Item