PENERAPAN SISTEM KONSINYASI DI TINJAU DARI KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PERDATA DAN FIKIH MUAMALAT (Studi Kasus di Pondok Modern Al-Barokah Desa Ngepung Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk)

MUHAMAD IMAM FIRMANSYAH, 126101202074 (2024) PENERAPAN SISTEM KONSINYASI DI TINJAU DARI KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PERDATA DAN FIKIH MUAMALAT (Studi Kasus di Pondok Modern Al-Barokah Desa Ngepung Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (851kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (251kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (58kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Muhamad Imam Firmansyah, NIM 126101202074, Penerapan Sistem Konsinyasi Di Tinjau Dari Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Tentang Perjanjian Dan Fikih Muamalat (Studi Kasus Di Pondok Modern Al-Barokah Desa Ngepung Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing: Dr. Budi Kolistiawan, M.E.I Kata kunci : Konsinyasi, KitabUndang-Undang Perdata, dan Fikih Muamalat Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penerapan sistem konsinyasi yang terjadi di Pondok Modern Al-Barokah Desa Ngepung Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk. Dimana adanya kantin atau walapa (warung lauk pauk) yang menerapkan sistem titip jual atau konsinyasi. Dalam praktiknya, penyetor menyetorkan barang dagangannya di pagi hari untuk di perjualbelikan hingga sore hari. Di hari itupun juga si penjual harus menyetorkan hasil penjualan pada hari itu, namun terkadang si penjual menyetorkan hasil penjualan barang dagangan tersebut di hari esoknya, sehingga menghambat penyetor dalam mengelola atau memproduksi lagi barang dagangannya yang menimbulkan ketidak relaan bagi pihak lainnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan sistem konsinyasi di Pondok Modern Al-Barokah Nganjuk ? 2) Bagaimana penerapan sistem konsinyasi di Pondok Modern Al-Barokah ditinjau Kitab Undnag-Undang Hukum Perdata ? 3) Bagaimana penerapan sistem konsinyasi di Pondok Modern Al-Barokah ditinjau dari Fikih Muamalat ? Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Untuk mengumpulkan data, ada metode atau pendekatan yang berbeda, seperti observasi dan wawancara dengan pengasuhan santri dan beberapa staf Pondok Modern Al-Barokah mengenai masalah penelitian dan teknik. Data pengumpulan didefinisikan sebagai dokumentasi informasi dari jurnal atau berita online. Hasil dari penelitian sebagai berikut: 1) Dalam penerapan sistem konsinyasi ini penyetor barang dagangan menyetorkan dagangannya ke walapa pondok dengan jenis dan jumlah dagangan yang tidak ditentukan oleh pihak kantin, dalam sistem pengupahan diambil dari persentase hasil penjualan barang dagangan yang habis terjual (10% dari hasil barang dagangan yang terjual). 2) Dalam penerapan sistem konsinyasi di Pondok Modern Al-Barokah ditinjau dari Kitab Undang-Udang Perdata merupakan jenis penitipan barang secara sukarela dengan pemberian kuasa berupa akta umum secara lisan 3) Dalam penerapan sistem konsinyasi yang terjadi di Pondok Modern Al-Barokah menggunakan Akad Wakalah Bil Ujroh. Setelah menghitung hasil penjualan, muwakkil (penyetor) memberi sebagian kecil hasil dari usaha tersebut kepada wakil (penjual) yaitu berupa fee atau dalam syari’at dikenal sebagai ujroh (imbalan).

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 126101202074 MUHAMAD IMAM FIRMANSYAH
Date Deposited: 22 Jul 2024 08:01
Last Modified: 22 Jul 2024 08:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48947

Actions (login required)

View Item View Item