MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Multikasus di MTsN 1 Kota Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri)

M SADAM MUARIF, 1880501220005 (2024) MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Multikasus di MTsN 1 Kota Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (611kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK M Sadam Muarif, 1880501220005, 2024. Manajemen Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Multikasus di MTsN 1 Kota Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri) tesis, Progam Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Promotor: (1) Prof. Dr. H. As’aril Muhajir, M.Ag. (2) Prof. Dr. H. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Kurikulum Merdeka, Mutu Pendidikan Kurikulum Merdeka adalah inisiatif pendidikan yang diterapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai upaya untuk mereformasi sistem pendidikan yang lebih adaptif dan relevan dengan kebutuhan zaman. Kurikulum ini dirancang untuk memberikan kebebasan yang lebih besar kepada sekolah dan guru dalam merancang dan mengimplementasikan proses pembelajaran sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa serta kondisi lokal. Tujuan penelitian ini untuk (1) Menjelaskan temuan dan menyusun proposisi perencanaan Manajemen Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTsN 1 Kota Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri. (2) Menjelaskan temuan dan menyusun proposisi implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTsN 1 Kota Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri. (3) Menjelaskan temuan dan menyusun proposisi evaluasi Manajemen Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTsN 1 Kota Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri. (4) Menjelaskan temuan dan menyusun proposisi tindak lanjut Manajemen Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTsN 1 Kota Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTsN 1 Kota Kediri dan MTsN 2 Kota Kediri dengan tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis daya yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan pada bagian akhir. Dan menggunakan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Perencanaan Kurikulum merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan dengan Pengambilan Kebijakan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka, Analisis pembagian beban kerja Guru dan Tenaga Kependidikan, Koordinasi Perencanaan Kurikulum Merdeka dengan lembaga-lembaga lainnya; (2) Implementasi kurikulum merdeka melalui pembelajaran intrakurikuler Pembelajaran ekstrakurikuler dan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Al-Amin; (3) Evaluasi kurikulum yang diterapkan evaluasi input, evaluasi proses dan evaluasi output penerapan kurikulum merdeka; (4) Tindak lanjut kurikulum merdeka melalui menyempurnakan materi pembelajaran dan membentuk tim yang kompak. ABSTRACT M Sadam Muarif, 1880501220005, 2024. Independent Curriculum Management in Improving the Quality of Education (Multicase Study at MTsN 1 Kediri City and MTsN 2 Kediri City) thesis, Islamic Education Management Study Program, Postgraduate UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Promoter: (1) Prof. Dr. H. As'aril Muhajir, M.Ag. (2) Prof. Dr. H. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Keywords: Independent Curriculum Management, Education Quality The Merdeka Curriculum is an educational initiative implemented by the Indonesian government as an effort to reform the education system to be more adaptive and relevant to the needs of the times. This curriculum is designed to provide greater freedom to schools and teachers in designing and implementing learning processes according to student characteristics and needs as well as local conditions. The purpose of this research is to (1) Explain the findings and develop planning propositions for Independent Curriculum Management in Improving the Quality of Education at MTsN 1 Kediri City and MTsN 2 Kediri City. (2) Explain the findings and develop propositions for the implementation of Independent Curriculum Management in Improving the Quality of Education at MTsN 1 Kediri City and MTsN 2 Kediri City. (3) Explain the findings and prepare an evaluation proposition for Independent Curriculum Management in Improving the Quality of Education at MTsN 1 Kediri City and MTsN 2 Kediri City. (4) Explain the findings and prepare follow-up propositions for Independent Curriculum Management in Improving the Quality of Education at MTsN 1 Kediri City and MTsN 2 Kediri City. This research uses descriptive qualitative research. Study This was carried out at MTsN 1 Kediri City and MTsN 2 Kediri City with data collection techniques using observation, interviews and documentation. The power analysis carried out is data reduction, data presentation and drawing conclusions at the end. And using data validity checking with source triangulation and method triangulation. The results of this research show that: (1) Independent Curriculum Planning in Improving the Quality of Education by Making Independent Curriculum Implementation Policy, Analysis of the workload distribution for Teachers and Education Personnel, Coordination of Independent Curriculum Planning with other institutions; (2) The form of implementing the independent curriculum through intracurricular learning, extracurricular learning and the Project for Strengthening the Profile of Pancasila Rahmatan Lil Al-Amin Students; (3) Evaluation of the implemented curriculum is input evaluation, process evaluation and output evaluation of implementing the independent curriculum; (4) Follow up on the independent curriculum by improving learning materials and forming a cohesive team.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1880501220005 M SADAM MUARIF
Date Deposited: 22 Jul 2024 06:48
Last Modified: 22 Jul 2024 06:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48970

Actions (login required)

View Item View Item