HADIS TENTANG KEUTAMAAN AYAT TERAKHIR SURAT AL-BAQARAH (Pemahaman Tekstual dan Kontekstual Perspektif M. Syuhudi Ismail)

DENNY LUSIANA, 12312193015 (2024) HADIS TENTANG KEUTAMAAN AYAT TERAKHIR SURAT AL-BAQARAH (Pemahaman Tekstual dan Kontekstual Perspektif M. Syuhudi Ismail). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (520kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (705kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (512kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Hadis Tentang Keutamaan Ayat Terakhir Surat Al- Baqarah (Pemahaman Tekstual dan Kontekstual Perspektif M. Syuhudi Ismail)” ditulis oleh Denny Lusiana dibimbing oleh Dr. Salamah Noorhidayati, M.Ag. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya hadis tentang keutamaan membaca ayat terakhir surat Al-Baqarah yang membawa keberkahan yang luar biasa. Allah Swt. akan memberikan kecukupan dalam urusan duniawi dan akhirat bagi yang membacanya dan menjauhkan dari hal-hal yang buruk. Selain itu ayat terakhir surat Al-Baqarah juga mengandung pelajaran tentang keimanan, ketundukan kepada Allah, pengabdian, dan do’a untuk meminta kebaikan dalam kehidupan dunia maupun akhirat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1.) Bagaimana kualitas hadis tentang keutamaan ayat terakhir surat Al-Baqarah? 2.) Bagaimana pemahaman hadis tentang keutamaan ayat terakhir surat Al-Baqarah secara tekstual dan kontekstual perspektif M. Syuhudi Ismail?. Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini adalah 1.) Mengetahui kualitas hadis tentang keutamaan ayat terakhir surat Al-Baqarah. 2.) Mengetahui pemahaman hadis tentang keutamaan ayat terakhir surat Al-Baqarah secara tekstual dan kontekstual perspektif M. Syuhudi Ismail. Dalam kajian ini digunakan metode Takhrij Al-Hadis bil Lafdzi, digunakan untuk megetahui hadis yang akan diteliti dengan sebagian matannya atau lafadnya. Metode lain yang digunakan untuk mempermudah proses pencarian kualitas hadis yaitu menggunakan alat bantu Aplikasi Ensiklopedi Hadis. Selanjutnya buku Metodologi Penelitian Hadis Nabi dan Hadis Nabi yang Tekstual dan Kontekstual karya M. Syuhudi Ismail. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan pemahaman hadis yang Tekstual dan Kontekstual Perspektif M. Syuhudi Ismail. Setelah penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode di atas, dapat disimpulkan bahwa 1) Berdasarkan hasil dari penelitian terkait kualitas hadis tentang keutamaan ayat terakhir surat Al-Baqarah terdapat beberapa perbedaan pendapat, hadis riwayat Ahmad dikategorikan hadis Hasan, sedangkan hadis riwayat Bukhari dikategorikan kedalam hadis Shahih. 2) Berdasarkan pemahaman M. Syuhudi Ismail hadis ayat terakhir surat Al-Baqarah sama sama menjelaskan tentang keutamaan dan manfaat ayat tersebut. kesimpulan tersebut diambil dari pemahaman makna tekstual yang juga menggunakan pemahaman secara kontekstual sehingga dapat menemukan makna yang sesuai dengan konteks saat ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Hadist
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Hadits
Depositing User: 12312193015 DENNY LUSIANA
Date Deposited: 24 Jul 2024 03:09
Last Modified: 24 Jul 2024 03:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48993

Actions (login required)

View Item View Item