PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI NANOTEKNOLOGI UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA

IRMA REGINSYA, 126212202059 (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI NANOTEKNOLOGI UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (995kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Berbasis Learning Cycle 5E pada Materi Nanoteknologi untuk Siswa Kelas X SMA/MA” ini ditulis oleh , Irma Reginsya NIM. 126212202059, pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata Kunci : e-modul, learning cycle 5E, nanoteknologi Penggunaan bahan ajar di sekolah yang masih terbatas dan cenderung hanya menggunakkan buku paket, menjadi salah satu penyebab rendahnya kemampuan belajar siswa. Bahan ajar dari buku paket tertentu masih berisi sedikit materi dan soal, serta belum dilengkapi dengan penunjang materi yang dapat mendukung siswa untuk belajar secara mandiri. Bahan ajar tersebut menjadi kurang menarik dan membuat siswa kesulitan untuk belajar secara mandiri. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut model pembelajaran learning cycle 5E merupakan model pembelajaran yang menarik, dikarenakan melalui lima kegiatan yang saling berkesinambungan dan membuat siswa menjadi aktif. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan bahan ajar dalam format elektronik seperti e-modul sebagai sumber belajar mandiri bagi siswa, serta memahami konsep materi nanoteknologi secara utuh melalui sintaks-sintaks learning cycle 5E. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengembangkan e-modul berbasis learning cycle 5E pada materi nanoteknologi untuk siswa kelas X SMA/MA, 2) mengetahui validitas e-modul, 3) mengetahui respon peserta didik terhadap e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D), dengan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D dengan tiga tahap pengembangan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara untuk analisis xiv kebutuhan pengembangan produk, lembar validasi untuk mengetahui validitas produk, dan angket peserta didik untuk mengetahui respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Uji validitas berdasarkan penilaian 1 dosen Tadris Kimia dan 1 guru kimia SMAN 1 Kauman sebagai ahli materi, ahli media. Sementara uji respon peserta didik dilakukan secara terbatas dengan melibatkan 36 peserta didik kelas X SMAN 1 Kauman. Data wawancara dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan data angket dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa : 1). Dikembangkanya modul elektronik (e-modul) berbasis Learning Cycle 5E pada materi nanoteknologi. 2). E-modul tersebut telah dinyatakan valid berdasarkan penilaian validator ahli materi dan ahli media dengan persentase 85,74%. 3). Hasil uji respon peserta didik terhadap e-modul berada pada kriteria sangat baik dengan persentase 83,40%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif pada pembelajaran kimia materi nanoteknologi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia > Atom
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212202059 IRMA REGINSYA
Date Deposited: 30 Jul 2024 07:39
Last Modified: 30 Jul 2024 07:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49121

Actions (login required)

View Item View Item