IMPLEMENTASI PROGRAM KABUPATEN LAYAK ANAK (KLA) UNTUK MEWUJUDKAN PEMENUHAN HAK ANAK DAN PERLINDUNGAN KHUSUS ANAK DI BIDANG PENDIDIKAN (Studi Kasus Di Kecamatan Kedungwaru)

DANANG HARIMAS FITRA, 126103203235 (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM KABUPATEN LAYAK ANAK (KLA) UNTUK MEWUJUDKAN PEMENUHAN HAK ANAK DAN PERLINDUNGAN KHUSUS ANAK DI BIDANG PENDIDIKAN (Studi Kasus Di Kecamatan Kedungwaru). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (989kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (300kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Anak merupakan keturunan kedua menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI. menurut Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak, anak merupakan amanah dan anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang di dalamnya melekat harkat dan martabat sebagai manusia seutuhnya. Istilah “Kabupaten/Kota Layak Anak” KLA dicetuskan oleh Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada tahun 2009 sebagai bagian dari Kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak berdasarkan, Peraturan Pemerintah Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Nomor 2 Tahun 2009 kemudian direvisi Nomor 11 Tahun 2011. Tujuan Penelitian ini membahas tentang 1). Implementasi Program Kabupaten Layak Anak KLA Untuk Mewujudkan Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Khusus Anak dibidang Pendidikan, dan 2). untuk menganalisis implementasi kabupaten layak anak di Kecamatan Kedungwaru untuk mewujudkan pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak berdasarkan fiqih siyasah dusturiyah. 3). untuk menganalisis hambatan dan kendala pelaksanaan Program Kabupaten Layak KLA Anak di Kecamatan Kedungwaru. Jenis penelitian Ini adalah deskriptif kualitatif. tipe penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1). Implementasi Program Kabupaten Layak Anak KLA telah membawa perubahan positif dalam mewujudkan pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak di lingkungan pendidikan. Namun, upaya berkelanjutan dan peningkatan dalam beberapa aspek masih diperlukan untuk mencapai tujuan yang lebih komprehensif dan inklusif. 2). Implementasi Program Kabupaten Layak Anak KLA di lingkungan pendidikan sesuai dengan prinsip-prinsip Fiqih Siyasah Dusturiyyah telah memberikan dampak positif dalam pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak. 3). kendala yang sering dihadapi, seperti keterbatasan sumber daya, kesadaran dan pemahaman yang rendah, dan ada beberapa indikator program yang belum berjalan dengan maksimal seperti infrastruktur pendidikan yang kurang memadai, kebijakan anti-kekerasan yang kurang tegas, fasilitas pendukung perlindungan anak yang belum memadai, serta kebijakan yang ada tidak diimplementasikan secara konsisten di lapangan. dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa implementasi Program Kabupaten Layak Anak KLA, telah memberikan kontribusi positif dalam mewujudkan pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak di bidang pendidikan, namun masih memerlukan upaya bersama dan komitmen yang berkelanjutan untuk mencapai hasil yang lebih baik di masa depan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara > Desa
Pendidikan > Pendidikan Anak
Hukum > Undang-undang
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 126103203235 DANANG HARIMAS FITRA
Date Deposited: 09 Aug 2024 03:19
Last Modified: 09 Aug 2024 03:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49251

Actions (login required)

View Item View Item