DAMPAK TRAUMA ISTRI DAN ANAK AKIBAT KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA PERSPEKTIF PSIKOLOGI KELUARGA DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus Di Desa Gilang Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung)

NUR FARIDA APRILIA, 126102202176 (2024) DAMPAK TRAUMA ISTRI DAN ANAK AKIBAT KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA PERSPEKTIF PSIKOLOGI KELUARGA DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus Di Desa Gilang Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (297kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)

Abstract

Nur Farida Aprilia, 126102202176, Dampak Trauma Istri Dan Anak Akibat Kekerasan Dalam Rumah Tangga Perspektif Psikologi Keluarga Islam Dan Hukum Islam, Jurusan Hukum Keluarga Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing Prof. Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag. Kata Kunci : Dampak Trauma, Kekerasan dalam rumah tangga, Psikologi keluarga, Hukum islam Penelitian ini dilatarbelakangi mengenai keluarga yang tidak harmonis, Banyak hal yang bisa membuat rumah tangga tidak harmonis, salah satunya dengan adanya kekerasan dalam rumah tangga yang mengakibatkan penderita mengalami dampak berupa trauma. Dampak trauma akibat kekerasan dalam rumah tangga berpengaruh terhadap keharmonisan rumah tangga. Fokus Penelitian adalah: 1) Bagaimana dampak trauma istri dan anak akibat kekerasan dalam rumah tangga, 2) Bagaimana upaya preventif terjadinya kasus kekerasan dalam rumah tangga di Desa Gilang, Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung, 3) Bagaimana dampak trauma istri dan anak akibat kekerasan dalam rumah tangga menurut perspektif psikologi keluarga islam, 4) Bagaimana dampak trauma istri dan anak akibat kekerasan dalam rumah tangga menurut perspektif hukum islam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini memaparkan: 1) Dampak trauma istri dan anak akibat kekerasan dalam rumah tangga di Desa Gilang Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung berupa dampak trauma fisik, psikis, seksual dan penelantaran ekonomi 2) Dalam membentuk keluarga yang harmonis perlu adanya upaya preventif yang dilakukan dari individu dan komunitas untuk mencegah kekerasan dalam rumah tangga agar tidak menimbulkan dampak trauma 3) Secara psikologi keluarga istri dan anak serinkali menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga karena dianggap sebagai sosok yang lemah. 4) Dalam hukum islam secara tegas melarang terjadinya kekerasan dalam rumah tanggahal ini dibuktikan dengan banyak ayat dalam al-qur’an maupun hadis yang memerintahkan suami untuk memperlakukan istri dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 126102202176 NUR FARIDA APRILIA
Date Deposited: 29 Jul 2024 06:41
Last Modified: 29 Jul 2024 06:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49315

Actions (login required)

View Item View Item